Jakarta (ANTARA News) - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyiapkan sejumlah nama sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018.

"Musyafa Noer, Ketua DPW PPP Jatim, adalah prioritas dari internal PPP sebagai cawagub," kata Wakil Sekjen DPP PPP Gugus Joko Waskito di Jakarta, Kamis.

Sedangkan dari luar PPP nama-nama yang dipertimbangkan antara lain Rendra Kresna (Bupati Malang), Ipong Muchlissoni (Bupati Ponorogo), dan Mustofa Kemal Pasha (Bupati Mojokerto).

Menurut Gugus, ketiga bupati itu layak dimajukan sebagai calon wakil gubernur berdasarkan pertimbangan elektabilitas, basis zona wilayah, maupun kapasitas kepemimpinan.

Sementara untuk calon gubernur Jatim, menurut Gugus lebih realistis bagi PPP untuk mengusung Khofifah Indar Parawansa yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Sosial.

"Bu Khofifah itu kader PPP, pernah menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PPP. Masukan dari kiai sepuh di Jatim yang berkumpul di Tebuireng itu juga salah satu pertimbangan kami," tuturnya.

Selain itu, lanjut Gugus, basis Muslimat NU di Jatim cukup potensial sebagai modal kemenangan Khofifah yang merupakan ketua umum organisasi perempuan NU itu.

"Saya kira tidak lama lagi PPP akan mendeklarasikan Cagub-Cawagub Jatim 2018. Siapa yang diusung PPP nantinya, pasti sudah melalui pertimbangan yang terukur dan realistis," ujar Gugus.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017