Yokohama (ANTARA News) -  Nissan akan memamerkan dua model khusus pada pameran Tokyo Motor Show 2017 yaitu ambulans generasi kelima dan mobil berpendingin untuk kebutuhan pengiriman makanan di perkotaan.

Nissan Ambulans dilengkapi baterai tambahan untuk kebutuhan peralatan medis guna menyelamatkan pasien saat darurat di daerah terpencil. Penggunaan baterai itu juga berkontribusi terhadap pengurangan emisi CO2, serta mereduksi kebisingan eksternal dan internal.

Ambulans generasi kelima Nissan itu dibangun berdasarkan kesuksesan versi sebelumnya dan dijual secara eksklusif di Jepang. Mobil paramedis itu mengacu pada model Nissan Caravan NV350 yang menawarkan kenyamanan pasien serta ruang kerja optimal bagi petugas medis.

"Ambulans generasi kelima kami akan menawarkan fitur yang disempurnakan yang akan membuat perbedaan nyata bagi kehidupan masyarakat," kata wakil presiden senior unit bisnis kendaraan niaga ringan Renault-Nissan, Ashwani Gupta, dalam keterangannnya, Kamis.

"Konsep Paramedis baru berisi peralatan hemat energi untuk merespons keadaan darurat, yang seringkali terjadi di daerah terpencil," katanya.

Selain itu, Nissan berupaya memenuhi tantangan bisnis distribusi barang dengan memperkenalkan konsep mobil listrik berpendingin Nissan e-NV200.

Mobil tersebut diklaim memiliki desain dinamis yang mudah diparkir pada jalanan sempit dibandingkan model truk berpendingin dengan ukuran sedang hingga besar. Nissan e-NV200 dilengkapi baterai tambahan di ruang kargo guna mengoperasikan unit pendingin.

"Sementara itu, konsep mobil berpendingin e-NV200 akan menciptakan nilai yang sangat besar bagi pengguna komersial, menghasilkan lebih banyak keuntungan, sekaligus mengurangi biaya kepemilikan. Dengan nol emisi, sangat cocok untuk lingkungan perkotaan yang ramai karena kendaraan yang lebih besar sering dilarang (parkir)," kata Gupta.

Nissan berencana memulai penjualan ambulans di Jepang pada tahun fiskal 2018 dan model terbaru itu diharapkan bisa melipatgandakan penjualan tahunan ambulans dibandingkan model sebelumnya.
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017