Jember (ANTARA News) - Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mengatakan pihaknya sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi Timnas Korea Selatan U-19 pada babak kualifikasi Piala Asia U-19 Grup F di Korea Selatan.

"Kami sudah menyiapkan strategi yang akan dilakukan untuk bertanding menghadapi Korsel, namun secara detail kami tidak bisa menyampaikan kepada media. Intinya pemain Timnas sudah sangat siap menghadapi Korsel," katanya di Kabupaten Jember, Kamis.

Rombongan Timnas tiba di Jember dalam rangka uji coba melawan klub sepak bola Liga 3 Persid Jember yang akan digelar di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Sabtu (21/10).

Menurutnya pertemuan Timnas Indonesia dengan Korsel nanti merupakan pertemuan kedua karena ia pernah membawa Evan Dimas dan kawan-kawan mengalahkan tim Negeri Ginseng itu dengan skor 3-2 di Gelora Bung Karno pada tahun 2013 dan pada saat itu Timnas Indonesia yang menjadi tuan rumah.

"Saya juga heran, Indonesia dengan Korsel bisa satu grup lagi, namun saat ini Korsel sebagai tuan rumah. Berdasarkan analisa pertandingan terakhir, Korsel menang melawan Meksiko, sehingga kami sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi mereka," katanya.

Ia menjelaskan Timnas melakukan tiga kali uji coba menjelang pertandingan melawan Korsel yakni menghadapi Kamboja dengan skor 2-0 untuk kemenangan Skuad Garuda Nusantara dan menang 3-0 melawan Thailand, dan uji coba terakhir akan bertanding melawan Persid Jember.

"Semua pemain dalam keadaan sehat, sehingga uji coba di Jember akan bermanfaat sekali melihat kondisi terakhir pemain dan setelah dari Jember akan melakukan adaptasi cuaca dengan melakukan training camp (TC) di Lembang Bandung," ucapnya.

Menurutnya suhu udara di Korsel sekitar 2-15 derajat celcius, sehingga para pemain akan melakukan adaptasi cuaca di Lembang Bandung yang dingin dengan melakukan latihan lebih awal yakni pukul 06.00 WIB karena biasanya latihan dimulai pukul 07.00 WIB.

"Para pemain sudah sangat siap untuk menghadapi Korsel dan bagi saya babak kualifikasi itu sebagai uji kemampuan Timnas. Meskipun sudah dinyatakan lolos dalam Piala Asia karena sebagai tuan rumah, kami tetap serius menghadapi Korsel," katanya.

Ia mengatakan Korsel merupakan parameter sepak bola Asia, sehingga minimal pihaknya tahu kualitas Timnas saat bertanding nanti dan pertandingan babak kualifikasi itu sangat bermanfaat untuk Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 bersama Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste dan Brunei. Kualifikasi Piala Asia U-19 akan berlangsung pada 31 Oktober-8 November 2017 dan Garuda Nusantara akan bertemu Korea Selatan U-19 pada 4 November 2017.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017