Hasil visum tim dokter RSUD Dr Soetomo Surabaya tidak menemukan tanda-tanda akibat kekerasan pada tubuh korban
Surabaya (ANTARA News) - Kepolisian Sektor (Polsek) Tegalsari Surabaya mengidentifikasi seorang korban yang ditemukan tewas di Tunjungan Plaza Surabaya bernama Zainul Alfian, warga Jalan Keputran Panjunan Gang 3 Surabaya.

"Hasil visum tim dokter RSUD Dr Soetomo Surabaya tidak menemukan tanda-tanda akibat kekerasan pada tubuh korban," ujar Kepala Polsek Tegalsari Surabaya Komisaris Polisi David Triyo Prasojo kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Zainul ditemukan tewas di jalan dekat pintu masuk kendaraan Tunjungan Plaza 1 Surabaya pada sekitar pukul 21.30 WIB, Kamis (19/10) malam. Saat itu korban dinyatakan sebagai "Mr X" karena sama sekali tidak membawa identitas.

Menurut keterangan sejumlah saksi di sekitar tempat kejadian perkara, korban tewas setelah jatuh dari lantai lima Tunjungan Plaza.

David mengatakan kondisi korban saat terjatuh mengalami sejumlah patah tulang pada beberapa bagian tubuhnya. Di antaranya pada mata kaki sebelah kanan, pinggul, dan siku tangan kirinya.

Polisi telah bertemu dengan keluarga korban dan mengungkap pria berusia 29 tahun itu memiliki riwayat penyakit jiwa sejak lima tahun terakhir, yang diperkuat dengan adanya surat keterangan rawat jalan dari Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya.

"Korban juga memiliki buku atau kartu pasien Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya," ujar David.

Polisi juga menemukan surat pengantar yang tertulis pada tanggal 26 Oktober mendatang korban harus menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya.

David menerangkan korban adalah seorang duda yang kemungkinan mengalami depresi.

"Dua bulan lalu dinonaktifkan dari pekerjaannya sebagai pengemudi berbasis daring Gojek," katanya.

Keterangan yang dihimpun polisi dari kakak kandung dan kedua orang tuanya mengatakan korban selama tiga hari terakhir terlihat gelisah, perilakunya cenderung temperamen dan selalu mondar-mandir.

"Untuk sementara kuat dugaan kami bahwa korban meninggal dunia karena bunuh diri," ucap David.

Namun, dia menambahkan, pihaknya masih mendalami penyelidikan, salah satunya menelisik riwayat kesehatan korban baik secara psikis maupun fisik.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo/ Hanif Nashrullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017