Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bandung akan mengkaji saran dari Kapolda Jabar terkait pemindahan Terminal Ledeng karena disinyalir menjadi salah satu sumber kemacetan di Kota Bandung menuju kawasan Bandung Utara.

"Nanti kita follow up dan kaji. Karena memang salah satu biang kemacetan di utara itu adalah terminal yang terlalu dekat dengan jalan raya," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo, Kota Bandung, Jumat.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, kajian itu memerlukan proses panjang, terutama masalah lahan yang harus dipersiapkan.

Selain itu, terminal Ledeng menjadi satu-satunya tempat transit dari Kota Bandung menuju Bandung Utara seperti Lembang dan maupun Subang, juga sebaliknya.

"Masukan itu sudah diterima. Sekarang kita sedang lihat karena kan harus ada gantinya," kata dia.

Sementara itu, kepala Terminal Ledeng, Dani Ramdhani mengatakan, macetnya kawasan Ledeng karena merupakan jalur utama dari Kota Bandung menuju berbagai area wisata yang ada di Bandung utara.

Selain itu, kawasan ini memang dikenal padat dengan aktifitas manusia, karena terdapat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan banyaknya hotel-hotel. Hal ini diperparah, dengan meningkatnya volume wisatawan saat akhir pekan.

"Apalagi kalau long weekend mobil plat B Jakarta masuk ke Lembang lewat Setiabudi melintas terminal ledeng, itu pasti padat," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017