Melalui olahraga, kami ingin mengembangkan mental masyarakat agar mereka memiliki jiwa sportif."
Sintang (ANTARA News) - Bupati Sintang, Kalimantan Barat, Jarot Winarno optimistis kegiatan Gala Desa di daerah kerjanya akan berjalan secara baik dan meriah.

"Penduduk Sintang termasuk sering melakukan aktivitas olahraga. Saya hampir setiap minggu membuka dan menutup turnamen olahraga. Karena itu saya yakin Gala Desa ini akan meriah dan ramai. Pertandingan antarkampung saja bisa dihadiri ribuan orang, jadi saya yakin Gala Desa akan seperti itu," ujar Jarot di kediamannya, Kabupaten Sintang, Jumat.

Dia mengatakan hasrat tinggi untuk berolahraga itu juga membuat masyarakat Sintang menyambut antusias penyelenggaraan Gala Desa.

Pesta olahraga antar-desa yang menjadi program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu dianggap dapat menjadi wadah bagi masyarakat Sintang untuk menyalurkan bakatnya. Hal ini pun disambut baik oleh sang bupati.

"Melalui olahraga, kami ingin mengembangkan mental masyarakat agar mereka memiliki jiwa sportif. Selain itu, olahraga membuat masyarakat dari berbagai desa yang ada di Sintang bisa saling mengenal dan memperkuat persatuan," demikian Jarot Winarno.

Untuk mengantisipasi terjadinya tindakan-tindakan yang tidak diinginkan selama bergulirnya Gala Desa di Sintang, pihak panitia sudah membentuk tim keamanan yang terdiri dari berbagai elemen, termasuk kepolisian.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang Hendrika menegaskan seluruh tim kepanitiaan, termasuk pengamanan, akan bekerja secara maksimal karena Sintang juga sedang gencar berpromosi sebagai daerah tujuan wisata.

"Kami mau menyelaraskan olahraga dan wisata. Semakin banyak masyarakat yang menonton Gala Desa tentu akan semakin menunjang kegiatan pariwisata," tutur Hendrika.

Adapun Gala Desa di Kabupaten Sintang akan dibuka oleh Bupati Sintang Jarot Winarno yang nantinya didampingi pula oleh Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Kesehatan Olahraga Nasional (PP ITKON), yang berada di bawah Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Edi Nurinda Susila mewakili kehadiran Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi pada Sabtu (21/10) dan diproyeksi akan ditutup pada 12 November 2017.

Sebagai perwakilan pihak Kemenpora, Edi Nurinda memberikan beberapa wejangan kepada semua peserta yang akan bertanding di Gala Desa di Kabupaten Sintang.

"Semua pihak harus mengedepankan semangat keadilan dalam permainan atau fair play, ditambah bisa mengakui keunggulan lawan dan kelemahan diri sendiri. Silakan protes kalau merasa ada yang mengganjal, tetapi lakukanlah semuanya dengan kepala dingin serta hari lapang," katanya.

Ia mengingatkan bahwa Gala Desa merupakan ajang yang bisa menghasilkan bibit olahragawan yang bisa dikembangkan baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Gala Desa 2017 di Kabupaten Sintang akan mempertandingan enam cabang olahraga yaitu sepak bola, sepak takraw, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, dan atletik.

Dari total 391 desa yang ada di kabupaten itu, ada setidak-tidaknya 40 desa yang akan berpartisipasi di Gala Desa.

(T.M054/C/B015/B015) 20-10-2017 19:07:23

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017