Barcelona (ANTARA News) - Bintang Barcelona, Lionel Messi, mengunggah video putranya sedang menyanyikan sebuah lagu anak-anak Catalunya di media sosial Instragram yang menuai komentar dari rekan satu timnya, Gerard Pique.

Video klip itu menampilkan Mateo, anak laki-laki Messi berusia dua tahun, menyanyikan lagu anak-anak dalam syair bahasa daerah Catalunya. Mateo mengenakan baju kuning dan duduk di kursi penumpang mobil bernyanyi sambil menggerakkan kepalanya ke kanan dan kiri.

Video itu, hingga Sabtu pagi pukul 09.20 WIB, telah di-like oleh enam juta lebih pengguna Instagram dan dibanjiri 19ribu lebih komentar, termasuk dari Pique yang sebelumnya menyuarakan referendum untuk Catalunya.

"Di Catalunya, mereka tidak pernah berhenti mengindoktrinasi anak-anak dengan 'Jean Petit qui danse' (judul syair anak-anak) dalam sarkastik orang-orang di Spanyol yang menuduh otoritas Catalunya mengindoktrinasi di sekolah," tulis Pique dalam kolom komentar video Messi tersebut.

Pique memang tidak secara terbuka mendukung kemerdekaan Catalunya, namun ia menjadi juru kampanye untuk upaya referendum atas masalah itu.

Partisipasinya dalam referendum kemerdekaan 1 Oktober dianggap ilegal secara konstitusional oleh pemerintahan di Madrid. Ia juga didesak mundur dari Timnas Spanyol.

Pique dan beberapa pemain lainnya dari tim pemenang Piala Dunia 2010 juga mendesak dialog antara para pemimpin politik dari kedua sisi untuk menghindari terulangnya kekerasan yang dipicu oleh voting referendum awal bulan ini, demikian AFP.




Penerjemah: Alviansyah P
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017