Madinah (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan, saatnya Indonesia untuk dapat membantu negara lain dengan menjadi negara donor.

Untuk itu, Wapres kepada wartawan di Pesawat Kepresidenan yang melintasi Laut Mediteranian saat hendak menuju Madinah, Sabtu siang waktu setempat, akan meminta kepada kementerian terkait untuk menghadiri sidang Bank Dunia untuk memberikan bantuan ke Guinea.

"Guinea mengundang Indonesia untuk menghadiri rapat atau sidang World Bank untuk donor ke Guenia. Saya akan minta nanti siapa menteri Indonesia karena kita sudah harus tangan di atas. Guenia kan masih income per kapitanya kan 400-an. Kita Alhamdulillah sudah berapa ribu. Jadi kita nyumbang bantu Guenia. Jangan hanya kita datang untuk minta, kita harus kasih. Kita mampu itu. Sekarang sudah ada program itu di Kemlu," kata Wapres.

Wapres menyampaikan hal itu menanggapi pertanyaan terkait dengan pertemuan bilateral yang dengan Guinea yang dilaksanakan Jumat siang di Istanbul, Turki.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di Istanbul mengatakan, pihaknya kini tengah menggodok agen tunggal (single agency) yang khusus untuk memberikan bantuan ke negara lain. Hal ini menurut dia juga terkait dengan politik luar negeri Indonesia.

Ia mengatakan, badan tersebut nantinya akan menjadi agen tunggal bagi pemerintah untuk menyalurkan bantuan kepada negara-negara yang membutuhkan dan pada saat yanh sama juga meningkatkan kerja sama.

"Gampangnya itu kayak Ausaid gitu," katanya.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017