Kendari (ANTARA News) - Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mendorong pengembangan sektor perikanan agar hasilnya bisa meningkatkan kesejahterakan nelayan setempat dengan cara membangun pabrik pembekuan ikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sultra, Askabul Kijo, di Kendari, Sabtu, mengatakan salah satu sarana yang dibangun pembekuan dan pendinginan ikan di Kabuoaten Konawe Utara.

"Pabrik pendingin dan pembekuan ikan atau sering desebut Pabrik Coldstorage itu sumber dananya dari APBN memalui Kementerian Kelautan dan Perikanan RI," katanya.

Dikatakan, pabrik Coldstorage yang terletak di Desa Muara Tinobu, Kecamatan Lasolo itu menghabiskan dana sebesar Rp3 miliar.

"Tujuan dari pendirian pabrik ini agar bisa mengawetkan ikan hasil tangkapan para nelayan hingga berubulan-bulan lamanya. Dengan demikian, tidak mudah rusak dan busuk serta tetap memiliki harga jual yang baik di pasaran," katanya.

Menurutnya, pabrik Coldstorage tersebut memiliki kapasitas daya tampung sampai 100 ton ikan.

"Kita berharap dengan adanya pabrik tersebut dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat sekitar, sehingga secara bertahap mampu meningkatkan roda perekonomian di bidang perikanan," katanya.

(T.KR-SPR/M007)

Pewarta: Suparman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017