Mekah (ANTARA News) - Wakil Presiden M Jusuf Kalla menunaikan ibadah Umrah di Tanah Suci Mekkah pada Sabtu malam waktu setempat, setelah sebelumnya menghadiri KTT D-8 di Istanbul, Turki.

Wapres memulai perjalanan untuk Umrah dari Bandara Ataturk, Turki pada Sabtu Pagi, menuju Madinah, Arab Saudi.

Setelah empat jam perjalanan, Wapres tiba di Bandara Prince Mohammad bin Abdulazis, Madinah, sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

Di Madinah, Wapres menyempatkan diri ke Masjid Nabawi dan berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW di Raudah yang terletak di dalam masjid. Usai dari masjid Nabawi, Wapres beristirahat sebentar untuk kemudian langsung mengenakan pakaian ihram.

Dari Madinah, Wakil Presiden terbang ke Jeddah dengan pesawat, kemudian dilanjutkan dari Jeddah menuju Mekkah dengan menggunakan jalan darat.

Wapres beserta rombongan tiba di Makkah Guest Palace milik Kerajaan Arab Saudi sekitar pukul 19.00 WIB, setelah menempuh perjalan satu setengah jam jalan darat dari Jeddah.

Usai beristirahat sejenak, perjalanan ritual ibadah Umrah dimulai sekitar pukul 20.00 WIB menuju Kabah guna melaksanakan Tawaf, memutari Kabah sebanyak tujuh kali. Dalam kesempatan tersebut, Wapres menyempatkan diri untuk mencium Hajar Aswad.

Kemudian dilanjutkan dengan Sai, perjalanan dari Safa ke Warwa tujuh kali, dan diakhiri Tahallul atau mencukur rambut.

Ibadah umrah yang dilaksanakan oleh Wakil Presiden selesai sekitar pukul 23.00 waktu setempat.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017