Jakarta (ANTARA News) - Mengonsumsi sarapan kaya jamur bisa mengurangi rasa lapar dan membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga Anda pun menghindari makan ekstra kalori di waktu berikutnya.

Sebuah studi dalam jurnal Appetite, menunjukkan bahwa Anda bisa mengganti daging dengan jamur dalam beberapa menu makanan.

"Ada manfaat nutrisi yang baik bila mengganti jamur dengan daging atau sebaliknya dalam beberapa makanan," kata penulis studi, Joanne Slavin, seorang Profesor di University of Minnesota di Amerika Serikat.

Peneliti ingin mencocokkan jumlah protein dalam jamur dan daging yang pada dasarnya mengendalikan pengaruh protein dengan kenyang. Hasilnya, mereka menemukan kedua jenis makanan ini  mengandung jumlah kalori yang sebanding.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai perbedaan rasa kenyang dan konsumsi jamur (jamur kancing putih 226 gram) dan daging (28gram) selama 10 hari.

Para partisipan dalam studi mengonsumsi dua porsi jamur atau daging selama 10 hari.

Hasil studi memperlihatkan perbedaan yang signifikan pada penilaian kenyang antara konsumsi jamur dan daging.

Partisipan melaporkan secara signifikan lebih sedikit merasa lapar, dan lebih kenyang setelah sarapan jamur dibandingkan sarapan dengan menu daging. Demikian seperti dilansir laman Indian Express.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017