Washington (ANTARA News) - Phoenix Suns tidak membuang waktu untuk melakukan pergantian pelatih, menyusul hasil buruk yang diderita dalam tiga laga pertama musim reguler NBA 2017-2018.

Saat musim baru memainkan tiga pertandingan, Earl Watson dipecat sebagai pelatih dan Jay Triano akan menggantikannya untuk sementara, demikian diumumkan tim pada Minggu malam.

Suns kalah pada ketiga pertandingan pertama mereka, yang terkini adalah kekalahan 88-130 saat dijamu Los Angeles Clippers pada Sabtu malam.

Kekalahan 48 poin Suns dari Portland Trail Blazers pada Rabu merupakan kekalahan terburuk pada malam pembukaan sepanjang sejarah NBA.

Didepaknya Watson merupakan pemecatan pertama pelatih kepala di NBA sejak 2016, sekaligus pemecatan pelatih paling dini sepanjang musim dalam sejarah liga. 

Mike Brown dipecat oleh Los Angeles Lakers setelah melalui lima pertandingan pada musim 2012/2013.

"Menurut saya kami harus dekat untuk menjadi sebuah tim," keluh Watson setelah kekalahan 42 poin pada Sabtu malam. 

"Kami harus nyata tentang hal itu. Kami tahu dengan tim muda terdapat banyak keragaman, namun bagian yang paling mengecewakan adalah minimnya kesatuan."

Watson menyelesaikan 118 pertandingan dengan Suns dan memiliki rekor 33-85. Phoenix menyelesaikan musim lalu dengan rekor 24-58. Watson dipecat dengan basis sementara pada 2016 setelah Jeff Hornacek dipecat.

Triano merupakan mitra pelatih kepala di bawah Watson. Ia diperkirakan akan tetap menjadi pelatih sementara sampai sisa musim, demikian dilaporkan ESPN.

Pada dua musim lebih sebagai pelatih kepala Toronto Raptors, Triano mengukir rekor 87-142. Ia juga bertindak sebagai pelatih nasional Kanada dan selama empat tahun merupakan asisten untuk Trail Blazers.

Suns, yang akan bermain melawan Sacramento Kings pada Senin malam di Phoenix, sedang melakukan proyek besar pembangunan ulang tim di bawah manajer umum Ryan McDonough. Susunan tim mereka mencakup empat pemain "rookie" dan empat pemain tahun kedua.

Salah satu pemain veteran Suns, Eric Bledsoe, mencuit sebelum pemecatan. "Saya tidak ingin berada di sini."

(H-RF)

Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017