Cianjur (ANTARA News) - Kepolisian Resor Cianjur, Jawa Barat, menyiapkan 800 personel gabungan untuk menjaga keamanan Jambore Nasional Mahasiswa dan Pemuda di Bumi Perkemahan Cibodas, Cianjur, Jabar.

"Kami sudah melakukan rapat persiapan lintas sektoral dengan unsur pemerintah, warga, TNI, Polri untuk mengamankan kegiatan yang diikuti ribuan peserta itu," kata Kapolres Cianjur, AKBP Arief Budiman, di Cianjur, Senin.

Bahkan pihaknya telah menggelar rapat kordinasi dengan berbagai pihak, menjelang kedatangan tiga ribu mahasiswa dan pemuda se-Indonesia ke Bumi Perkemahan Cibodas yang dijadwalkan melakukan kegiatan selama empat hari mulai Rabu (25/10).

Dia menjelaskan, Polres Cianjur akan menurunkan anggota sebanyak 500 personel dibantu unsur TNI, Yon Armed, Raider 300, sebanyak 300 personel dan satuan setingkat kompi dari Dalmas Brimob Polda.

"Acara tersebut akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan Mendagri Tjahjo Kumolo. Namun mengenai kepastiannya kami masih menunggu dari panitia pusat. Segala kemungkinan kami persiapkan terutama dari sisi pengamanan," katanya.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan bahwa pemkab telah membangun sarana dan prasarana pendukung termasuk infrastruktur menjelang Jambore Nasional itu.

"Kami dari pemda mempersiapkan infrastruktur pendukung kegiatan tersebut termasuk penyediaan kamar mandi. Termasuk mengimbau pada petugas kebersihan untuk siaga dan menyiapkan alat berat untuk pengangkutan sampah di titik titik kumpul sampah di zona jambore kebangsaan itu," katanya.

Mengenai sampah, tambah dia, pemkab meminta ada pembagian tugas agar setiap hari dapat terangkut, termasuk pengadaan alat berat untuk mempercepat pengangkutan setiap hari.

(U.KR-FKR/A013)

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017