Pontianak (ANTARA News) - Event Bersepeda di Jantung Borneo, Kapuas Hulu, Kalbar yang memadukan antara olahraga, ekowisata dan konservasi sangat diminati peserta dari luar Kalbar dan itu terbukti hingga saat ini sudah pulahan orang yang mendaftar.

"Saat ini total hampir seratus peserta pesepeda yang berasal dari Medan, Jakarta, Tanggerang, Bandung, Pontianak, Sintang, Melawi, dan Kapuas Hulu siap menempuh rute sepanjang 65 kilometer," ujar Sekretaris West Borneo Tourism Association, Roni Wang di Pontianak, Selasa.

Roni menambahkan bahkan saat ini juga sudah ada peserta dari luar negeri yang mendaftar dan bersedia memeriahkan event yang diselenggarakan bertepatan dengan agenda besar Festival Danau Sentarum Betung Kerihun.

"Peserta dari negara luar yang akan ikut yakni dari Malaysia dan Brunei Darussalam. Diharapkan, jumlah peserta semakin bertambah dengan adanya partisipasi peserta dari luar tersebut," kata dia.

Roni menyapaikan bahwa bersepeda di Jantung Borneo tersebut akan dilaksanakan pada 28 Oktober mendatang. Menurutnya konsep bersepeda di Jantung Borneo tersebut dikemas berbeda dari kegiatan bersepeda pada umumnya. Event ini dikolerasikan dengan nilai-nilai ekowisata, yakni pertualangan, kebudayaan dan wisata alam.

"Selain bersepeda, kegiatan ini juga akan diisi kegiata berkemah, wisata ke rumah betang dan atraksi budaya di rumah betang," papar dia.

Roni menyebutkan kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk sinergi dengan target pemerintah Indonesia dalam meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara.

"Pemerintah Indonesia menargetkan kunjungan turis mancanegara sebesar 20 juta wisatawan di tahun 2019, di mana pada tahun 2017 ini, target dicanangkan pada angka 15 juta orang," kata dia.

Pewarta: Dedi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017