Jakarta (ANTARA News) - Mantan deputi gubernur DKI Jakarta yang juga mantan calon wakil gubernur, Sylviana Murni, memrakarsai pembentukan sebuah organisasi sosial dan budaya Gerbang Betawi yang akan diresmikan pada 28 Oktober 2017 di Pusat Kebudayaan Betawi, Jalan Raya Bekasi Timur, Jatinegara, Jakarta Timur dan akan dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Gerbang Betawi disebut-sebut sebagai gerakan moral, intelektual dan profesional yang berfungsi sebagai agen perubahan atas pola pikir, perilaku, pola rasa masyarakat betawi ke arah yang lebih baik.

"Gerbang Betawi menciptakan sumber daya manusia dengan intelektual, profesional, dan moralitas yang mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat luas," kata Direktur Eksekutif Gerbang Betawi Ashari dalam siaran pers, Selasa.

Pada acara itu juga akan ditandatangani pula nota kesepahaman atau MoU untuk menjalin kerja sama serta dukungan terkait program pembangunan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Diadakan pada 25-28 Oktober 2017, acara ini dimeriahkan oleh berbagai kegiatan khas Betawi, antara lain seni budaya Betawi (lenong, gambang kromo, dan tanjidor), silat, dan lomba menyanyi lagu-lagu Betawi. Selain sebuah diskusi bertema "Melahirkan Juragan-Juragan Muda Betawi" dengan narasumber Sandiaga Uno, Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi, dan CEO Socentix David Darmawan.

Telah dibentuk pula enam tim khusus pembuat Lima Usulan Kemitraan sesuai dengan visi, misi, dan filosofi Gerbang Betawi. Kelimanya adalah pendidikan, budaya dan pariwisata, ekonomi produktif, lingkung hidup, dan pendidikan.

Pewarta: Shara Oktaviani A-Lusi Hestika P.
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017