Pekanbaru (ANTARA News) - Sejumlah titik ruas jalan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau tergenang banjir setelah dilanda hujan dengan intensitas tinggi pada Senin malam.

Pantauan Antara di Pusat Kota Pekanbaru pukul 22.00 WIB, banjir menggenangi badan jalan Jenderal Sudirman. Banjir tersebut persis terjadi di depan kantor Wali Kota Pekanbaru dan depan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Kaca Mayang.

Akibat banjir tersebut, ratusan pengendara terpaksa memperlambat laju kendaraan. Hasilnya, arus lalu lintas menjadi tersendat, terutama di bawah Jalan Layang simpang Jalan Tuanku Tambusai.

Selain banjir, hujan deras yang terjadi selama lebih kurang dua jam lamanya turut menyebabkan drainase di lokasi itu meluap.

Terpantau drainase tidak dapat menampung debit air yang begitu besar. Sementara air sendiri terpantau tidak mengalir dengan lancar.

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi pada Senin siang tadi mengatakan bahwa pihaknya mulai fokus dengan antisipasi dan penanganan bencana banjir. Hal itu dikatakan Ayat usai menggelar rapat koordinasi bersama jajarannya.

"Banjir juga merupakan fokus kita. Untuk itu saya sudah memerintahkan agar alat berat yang kita miliki untuk dikerahkan ke titik-titik rawan," ujarnya.

Banjir merupakan masalah klasik di Kota Pekanbaru. Kota berjuluk Madani tersebut kerap dilanda banjir saat musim penghujan tiba.

Pemerintah Kota sendiri telah berusaha melakukan pencegahan dengan merencanakan pembangunan sistem drainase terpadu. Rencana tersebut didukung langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dari catatan Antara, banjir di Pekanbaru kerap terjadi di sejumlah titik seperti kawasan Pekanbaru Kota, Tampan, dan Rumbai.

Pewarta: Bayu & Anggi Romadhoni
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017