Putussibau, Kalimantan Barat (ANTARA News) - Sebanyak 438 personel Batalion Raider Khusus 644/Walet Sakti, yang bermarkas komando di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, melaksanakan latihan pemantapan raider.

"Latihan pemantapan raider juga untuk mengukur tingkat kemampuan operasi satuan yang bersifat khusus dan memelihara kesiapan operasi satuan dalam menghadapi perkembangan situasi baik regipnal maupun nasional," kata Komandan Brigade Infantri 19/Khatulistiwa, Kolonel Infantri Ibnu Jarwadi, dalam pernyataannya, di Putussibau, Rabu sore.

Ia menjelaskan latihan pemantapan raider itu menitikberatkan pada peningkatan kemampuan dalam mengaplikasi operasi penyergapan, mobilisasi udara, dan lain-lain sehingga mereka siap ditugaskan kapan saja.

Materi latihan pemantapan raider yaitu pertempuran jarak dekat, patroli dan latihan kontak senjata, infiltrasi-eksfiltrasi l, mobilisasi udara (fast roping dan rapelling), penyergapan pembebasan tawanan serta penyergapan penghancuran.

Dia katakan, lokasi latihan begitu sulit berupa perkebunan, pepohonan, bukit dan tebing yang dilalui prajurit sebagai pasukan pemukul Brigade Infantri 19/Khatulistiwa.

Pewarta: Timotius
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017