Madiun (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo melakukan "blusukan" ke lahan hutan di Kelurahan Wungu, Kecamatan Dungus, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, untuk meninjau perhutanan sosial yang ditanami cokelat.

Menurut laporan Antara di Madiun, Senin, Presiden yang mengenakan kemeja putih mendarat di Lanud Iswahyudi pada sekitar pukul 08.10 WIB setelah menempuh penerbangan dari Lanud Adi Sumarmo, Kabupaten Boyolali, selama sekitar 15 menit.

Saat turun dari pesawat kepresidenan Indonesia Satu, Presiden disambut oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Presiden akan menyerahkan SK tentang Pemanfaatan Hutan Kawasan Hutan Negara serta SK tentang Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan LMDH kepada masyarakat di Kecamatan Dungus.

Sejumlah pejabat yang hadir dalam acara itu adalah Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri LHK Siti Nurbaya, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjelaskan dalam siaran pers yang diterima Antara pada Senin, kunjungan Presiden ke Madiun menggenapi putaran pertama agenda kerja Presiden dalam melihat langsung konsep Perhutanan Sosial.

Sejumlah surat keputusan tersebut akan memberikan kepastian hukum kepada petani untuk mengelola lahan.

Hingga pada akhir 2017, Presiden direncanakan meninjau langsung lahan hutan yang ada di 30 Kabupaten.

Sejumlah kabupaten yang rencananya akan dibagikan SK perhutanan sosial yaitu Kabupaten Sumedang, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Cianjur, Indramayu, Sukabumi, Blora, Pati, dan Banjarnegara.

Kemudian berikutnya dilanjutkan di Brebes, Tegal, kendal, Grobogan, Blitar, Banyuwangi , Bojonegoro, Malang dan Bondowoso.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017