Wisata Pantai Selatan Jabar Aman Dikunjungi

Kamis, 28 Juni 2007 21:31 WIB | 1189 Views

Berita Terkait
Bandung (ANTARA News) - Ketinggian gelombang dan hembusan angin di sepanjang Pantai Selatan, Jawa Barat, normal sehingga kawasan pantai wisata pada musim liburanan sekolah yang akan datang cukup aman untuk dikunjungi.

"Wisatawan bisa menikmati kawasan pantai, namun kewaspadaan harus tetap terjaga," kata Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Bandung, Hendri Subakti, di Bandung, Kamis.

Ia menyebutkan, ketinggian gelombang di kawasan Pantai Selatan Jabar seperti Sukabumi, Cianjur, Garut dan Ciamis rata-rata 1,5 meter hingga 3 meter.

Ketinggian gelombang seperti itu, kata Hendri, normal untuk kawasan pantai selatan yang selama ini dikenal memiliki karakter gelombang besar.

"Ketinggian gelombang di Pantai Selatan Jabar tidak setinggi di daerah lainnya," katanya.

Hendri menyebutkan, munculnya gelombang laut yang cukup tinggi di bagian selatan Indonesia itu akibat adanya perbedaan tekanan udara diantara perairan Indonesia dan Australia sehingga berakibat hembusan angin cukup kencang di beberapa kawasan pantai selatan di Indonesia.

"Tekanan udara di wilayah Australia lebih tinggi dari di Indonesia, namun itu fenomena biasa pada pergantian musim seperti saat ini," kata Hendri.

Sejauh ini, lanjut dia, BMG Bandung belum mengeluarkan rekomendasi kepada pemerintah setempat, termasuk menjelang peningkatan jumlah pengunjung kawasan pantai wisata pada musim liburan.

"Belum ada rekomendasi yang dikeluarkan untuk itu karena kondisinya normal. Faktor kewaspadaan sangat diperlukan karena selama ini kecelakaan di pantai wisata cederung akibat kelalaian individu," katanya.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Promosi wisata, Kemenparekraf anggarkan Rp30 miliar

Promosi wisata, Kemenparekraf anggarkan Rp30 miliarKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menganggarkan Rp30 miliar untuk meningkatkan perjalanan wisatawan nusantara ...