Kerinci Kembangkan Empat Jenis Padi Unggul

Senin, 9 Juli 2007 13:51 WIB | 2389 Views

Kerinci, Jambi (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Kerinci mengembangkan empat jenis padi varietas unggul dan telah mensosialisasikannya kepada para petani untuk meningkatkan produksi panennya.

Bupati Kerinci, Fauzi Si`in, di Sungaipenuh, Senin mengatakan, empat jenis padi varietas unggul itu yakni varietas Konawe, Pandan Wangi, IR46 dan varietas baru Cisantana.

Keempat jenis bibit varietas unggul itu sudah berhasil dikembangkan di sejumlah daerah di pulau Jawa yang topografis dan iklimnya sama dengan Kabupaten Kerinci.

Sosialisasi penggunaan bibit varietas unggul itu dilakukan pada petani hingga pelosok daerah, mulai dari pengadaan hingga penanganan pasca panen.

Keistimewaan bibit varietas unggul tersebut tahan terhadap berbagai macam penyakit serta usia panennya lebih cepat dibanding jenis padi yang dikembangkan selama ini.

Penggunaan bibit tersebut juga salah satu cara untuk mendukung program pemerintah melakukan revitalisasi pertanian dan perikanan dalam meningkatkan ketahanan pangan.

Dalam memacu pertumbuhan sektor pertanian, pemerintah Kabupaten Kerinci juga terus membangun prasarana jalan ke sentra pertanian guna memperlencar pemasaran hasil pertanian ke berbagai daerah.

Kabupaten Kerinci dikenal sebagai lumbung padi serta penghasil palawija terbesar di Provinsi Jambi, berupaya memanfaatkan keterbatasan lahan dalam meningkatkan produksi pertanian salah satunya penggunaan bibit varietas unggul. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Tapir terjebak di sumur berhasil diselamatkan

Tapir terjebak di sumur berhasil diselamatkanSejumlah warga Desa Penarik Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menyelamatkan seekor tapir (tapirus indicus) yang terjebak ...

LIPI: masyarakat belum paham konservasi Pulau Pombo

LIPI: masyarakat belum paham konservasi Pulau PomboPeneliti Balai Konservasi Biota Laut (BKBL) LIPI Ambon mengatakan bahwa masyarakat belum memahami tentang perlindungan ...

Hujan es cenderung terjadi pada peralihan musim

Hujan es cenderung terjadi pada peralihan musimHujan es yang terjadi di Kebun Jeruk Jakarta Barat pada Selasa (22/4) merupakan fenomena alam yang cenderung terjadi ...