Madiun (ANTARA News) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Madiun nomor urut 1 Ahmad Dawami dan Hari Wuryanto (Berkah) mengklaim memenangi Pilkada Kabupaten Madiun, Jawa Timur 2018 setelah unggul sementara versi hitung cepat internal oleh tim pemenangannya.

Sesuai data yang masuk pada Rabu, hingga pukul 17.05 WIB, pasangan ini meraih 105.723 suara.

Perolehan tersebut mengalahkan dua pasangan calon lainnya, yakni nomor dua Rio Wing Dinaryhadi-Sukiman yang mendapat 55.605 suara dan pasangan Djoko Setijono-Suprapto yang memperoleh 92.803 suara.

Ketua Tim Kampanye Pasangan Berkah, Dimyati Dahlan, mengatakan bahwa sejauh ini data yang masuk ke tim internalnya mencapai 270.000 suara.

"Dari jumlah suara yang masuk itu, pasangan Berkah ini unggul dengan perolehan 105.723 suara," kata Dimyati kepada wartawan.

Menurut dia, data yang diperolehnya tersebut bersumber dari para saksi yang ditempatkannya di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Pihaknya menempatkan dua saksi di setiap TPS di seluruh TPS yang ada di Kabupaten Madiun.

"Basis data kami adalah C plano. Kami menempatkan 2.028 saksi di seluruh TPS yang ada di Kabupaten Madiun," kata dia.

Meski mengklaim unggul sementara, pihaknya mengaku juga masih menunggu hasil penghitungan manual yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Madiun.

Seperti diketahui, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madiun 2018 diikuti oleh tiga pasangan calon. Yakni, Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Hari Wuryanto diusung Partai Demokrat, Golkar, dan PKPI. Lalu, pasangan calon Rio Wing Dinaryhadi dan Sukiman diusung partai Gerindra, PPP, dan PKS. Dan, paslon Djoko Setijono dan Suprapto diusung partai PDIP dan PKB.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018