Sapi Simbra Berbobot 1,32 Ton Juara Kontes di Pandaan

Kamis, 2 Agustus 2007 17:51 WIB | 4267 Views

Pasuruan (ANTARA News) - Sapi silangan jenis Simental dengan Brahman (Simbra) berbobot 1,32 ton milik peternak Tubi asal Prigen menjadi juara pertama kategori sapi pedaging dalam kontes sapi di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), Kamis.

Sedangkan, sapi jenis Limousin milik peternak Ny. Misran, juga dari Prigen, dan sapi jenis FH milik H. Amin dari Tutur (Nongkojajar) masing-masing menjadi juara pertama dalam ketegori sapi calon pedaging dan sapi calon induk perah.

Bupati Pasuruan, Jusbakir Akdjaufri, mengungkapkan bahwa kontes sapi berbagai jenis yang dilakukan rutin setiap tahun, adalah untuk merangsang petani meningkatkan populasi dan kualitas sapi di Kabupaten Pasuruan.

Populasi sapi pedaging di Kabupaten Pasuruan kini mencapai 89.000, sedangkan populasi sapi perah mencapai 49.000.

Dalam kesempatan sama, ia juga melakukan Insemainasi Buatan (IB) terhadap sejumlah sapi lokal dengan menyuntikan sel mani (semen) jenis sapi pejantan unggul. Hal itu dilakukannya untuk meningkatkan populasi dan kualitas sapi di Kabupaten Pasuruan.

Selain sapi, panitia kontes juga memberlakukan diikuti kambing berbagai jenis. Diantaranya kambing jenis PE, serta domba berekor gemuk.

Kambing jenis PE juara pertama, milik peternak M. Soleh dari Pandaan, sedangkan domba berekor gemuk, juara pertamanya milik Tubi, peternak dari Prigen. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Keuntungan Facebook naik hampir tiga kali lipat

Keuntungan Facebook naik hampir tiga kali lipatKeuntungan Facebook naik hampir tiga kali lipat menjadi 642 juta dolar AS pada kuartal pertama, karena pendapatannya ...

Harga minyak turun setelah persediaan AS capai rekor tertinggi

Harga minyak turun setelah persediaan AS capai rekor tertinggiHarga minyak dunia turun pada Rabu (Kamis pagi WIB), setelah persediaan minyak mentah komersial AS naik mencapai rekor ...