Gempa 7,9 SR di Bengkulu Berpotensi Tsunami

Rabu, 12 September 2007 18:13 WIB | 1207 Views

Bandarlampung (ANTARA News) - Gempa bumi tektonik berkekuatan 7,9 pada Skala Richter (SR) di 159 Km Baratdaya Bengkulu di Provinsi Bengkulu, Rabu, pkl. 18.10.23 WIB menurut Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) berpotensi menimbulkan ancaman gelombang pasang (tsunami).

BMG melalui Stasiun Geofisika di Kotabumi, Lampung, menyebutkan lokasi gempa berada pada epicentrum 4,67 Lintang Selatan (LS)-101,13 Bujur Timur (BT) di Baratdaya Bengkulu itu, dengan kedalaman 10 Km.

Gempa yang terjadi menjelang tarawih pertama puasa itu, menurut Stasiun Geofisika Lampung, berpotensi tsunami sehingga semua pihak diminta untuk menyampaikan secara cepat kepada masyarakat luas.

Gempa tersebut juga dirasakan di Lampung, dan Palembang, dan beberapa wilayah lainnya di Sumatera. Gempa juga dirasakan cukup kuat di Jakarta.

Di Palembang masyarakat sempat berhamburan ke luar rumah.

Gempa terjadi sekitar satu menit tersebut juga dirasakan cukup kuat di Pagar Alam.
Seorang warga Muara Pinang Lahat, Ahlan menyatakan gempa terasa di Muara Pinang dan menyebabkan warga kota tersebut berhamburan ke luar.
(*)

Editor: Bambang

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

LIPI dirikan Rumah Kantung Semar di Cibodas

LIPI dirikan Rumah Kantung Semar di CibodasUnit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Cibodas selaku satuan kerja Lembaga Ilmu ...

JK ajari OSIS se-Indonesia soal kemimpinan

JK ajari OSIS se-Indonesia soal kemimpinanMantan Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla mengajarkan kepemimpinan pada Pertemuan OSIS se-Indonesia di Sekolah Islam ...

Pekerja `outsourcing` berkemah di depan kantor PLN Sumbawa

Pekerja `outsourcing` berkemah di depan kantor PLN SumbawaSejumlah pekerja outsourcing yang tergabung dalam Serikat Pekerja Progresif menggelar aksi unjuk rasa dan mendirikan ...