Gunung Kelud Meletus

Sabtu, 3 November 2007 18:51 WIB | 23400 Views

Kediri (ANTARA News) - Gunung Kelud (1.751 m) dinyatakan telah meletus setelah terjadi gempa tremor over schale Sabtu sore sejak pukul 16.00 WIB.

Ketua Tim Tanggap Darurat Umar Rosadi menyatakan, sampai sekarang letusan besar belum terjadi, tapi letusan kecil sudah.

Oleh karena itu, kawasan di radius 15 kilometer dari kawah Gunung Kelud harus dikosongkan. "Kami semua pengamat vulkanologi sejak pukul 16.00 WIB ini sudah meninggalkan pos pengamatan Gunung Kelud di Margomulyo, karena sudah meletus," katanya di Mapolsek Ngancar, Kediri.

Gunung Kelud sejak 48 jam terakhir diguncang ribuan kali kegempaan baik tremor, vulkanik dalam, dangkal, maupun tektonik jauh. "Sempat tenang beberapa saat, namun mulai pukul 12.48 WIB gempa tremor muncul lagi, dan pukul 16.00 WIB telah terjadi gempa tremor over schale," katanya.

Saat ini para pengamat gunung api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melakukan pemantauan aktivitas Gunung Kelud dengan handy talky dan radio komunikasi lainnya dari Polsek Ngancar, sekitar 20 kilometer dari danau kawah Gunung Kelud.

Hingga kini suhu kawah Gunung kelud mencapai 47,8 derajat Celcius. Menurut Umar, seluruh peralatan pengamatan di PPGA Margomulyo normal, namun tidak ada satupun petugas atau pengamat di sana.

Mobil dari Tim satlak Penanggulangan Bencana Gunung Kelud saat ini terus melakukan penjemputan para pengungsi. (*)

Editor: Bambang

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Komisi IV bahas perkebunan

Komisi IV bahas perkebunanKomisi IV DPR RI akan memberikan kewenangan kepada Direktorat Jenderal Perkebunan untuk mengelola industri perkebunan ...

Kapolda Jambi: tidak ada pungutan dalam penerimaan polisi

Kapolda Jambi: tidak ada pungutan dalam penerimaan polisiKapolda Jambi Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya menegaskan tidak ada pungutan alias gratis dalam proses penerimaan ...

Menteri: Kuota polwan diharapkan minimal 30 persen

Menteri: Kuota polwan diharapkan minimal 30 persenMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar mengharapkan, kuota polisi wanita ...