Dephub Akan Bahas Kemacetan Lalu Lintas dengan Pemda DKI

Selasa, 6 November 2007 16:58 WIB | 1405 Views

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal mengatakan pihaknya akan segera melakukan pertemuan dengan Pemda DKI untuk mencari solusi kemacetan jalan di Jakarta.

"Saya sudah berbicara dengan Wagub DKI. Kita akan coba duduk bersama, Dephub dengan dinas perhubungan DKI besok Rabu (7/11)," kata Menhub di Jakarta, Selasa.

Menurut Jusman, dalam pertemuan besok pihaknya akan membahas langkah terbaik untuk bisa segera mengatasi kemacetan di Jakarta dalam jangka pendek ini.

"Saya kira banyak opsi yang telah dipikirkan untuk mengurangi kemacetan. Namun solusi seperti apa saya belum tahu. Saya kira masyarakat mengharapkan adanya manajemen soal kemacetan ini," katanya.

Mengenai kemungkinan adanya pembatasan jumlah kendaraan di Jakarta, Jusman mengatakan kebijakan seperti itu belum tentu akan dikeluarkan karena perlu ada penelitian secara mendalam.

"Saya belum sampai pada rekomendasi itu, rekomendasi belum ada pada saya," katanya.

Pertemuan dengan Dishub DKI, menurut Jusman, juga akan membahas persoalan busway yang dianggap belum mampu mengatasi kemacetan di Jakarta, dan bahkan di beberapa ruas jalan, pembangunan jalur busway justru memperparah kemacetan.

Dirjen Perhubungan Darat Iskandar Abubakar mengatakan pembangunan jalur busway seharusnya diimbangi dengan perluasan jalan untuk kendaraan pribadi.

"Perlu juga ada perluasan jalan bagi kendaraan `take one, give one`," katanya.

Hal ini perlu dilakukan karena target peralihan kendaraan pribadi ke busway tidak sesuai yang diharapkan.(*)

Editor: Heru

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Keluarga korban MH17 siap bantu identifikasi

Keluarga korban MH17 siap bantu identifikasiKeluarga dari Ketut Wiartini (33), salah seorang korban jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH-17, menyatakan siap jika ...

Ramai-ramai mencoblos di TPS "Piala Dunia"

Ramai-ramai mencoblos di TPS Warga Kelurahan Sungai Biru Banjarmasin, Kalimantan Selatan, antusias datang ke TPS 01 "Piala Dunia", di kota ...

Virus MERS terdeteksi dalam sampel udara dari kandang unta

Virus MERS terdeteksi dalam sampel udara dari kandang untaPara peneliti Arab Saudi menemukan gen virus mematikan Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) dalam contoh udara dari ...