Dr Jeane Neltje Saly Guru Besar Ilmu Hukum Unas Jakarta

Kamis, 15 November 2007 02:13 WIB | 1005 Views

Jakarta (ANTARA News) - Dr Jeane Neltje Saly SH MHum dikukuhkan sebagai guru besar ilmu hukum Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Rabu.

Dr Jeane dikukuhkan sebagai guru besar ilmu hukum dengan pidato pengukuhannya berjudul Hukum dan Kedudukannya dalam Panggung Global.

Menurut Jeane, format hukum masa depan harus dibangun dengan sisi hukum yang valid.

Visi hukum yang valid itu bisa lahir dengan mempertimbangkan tiga hal yakni kekinian masyarakat, berinteraksi dengan teknologi informasi serta dengan penciptaan kesejahteraan yang semakin ditingkatkan.

Visi tersbebut, kata dia, dapat dilakukan melalui politik hukum dalam panggung global yang menunjang pemberdayaan masyarakat dan usaha kecil dalam pelaksanaan otonomi daerah.

Selain itu, kesempatan daerah untuk menerima modal asing dengan memperhatikan kepentingan nasional.

Ia juga mengatakan perluasan penggunaan software komputer legal khususnya yang dibangun oleh pemerintah melalui program "Indonesian Go Open Source" yang merupakan kreativitas tanpa batas bagi anak bangsa.

"Politik hukum yang menunjang visi ini perlu diwujudkan dengan dibarengi keberanian karena semua perangkat tradisional menjadi bagian dari sistem politik dan ekonomi," katanya.

Dr Jeane kini juga menjabat Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Hukum pada Badan Pembinaan Hukum Nasional.(*)

Editor: Heru

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

10 rumah di Lebak hangus terbakar

10 rumah di Lebak hangus terbakarSebanyak 10 rumah di Kampung Cigoler Desa Nangerang Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Banten, hangus terbakar ...

Virus MERS terdeteksi dalam sampel udara dari kandang unta

Virus MERS terdeteksi dalam sampel udara dari kandang untaPara peneliti Arab Saudi menemukan gen virus mematikan Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) dalam contoh udara dari ...

1.000 anak yatim piatu mendapat pengetahuan kedirgantaraan

1.000 anak yatim piatu mendapat pengetahuan kedirgantaraanSebanyak 1.000 anak yatim piatu dari berbagai wilayah di Jabotabek mendapatkan pengetahuan kedirgantaraan melalui ...