Gempa Berkekuatan 5,6 SR Landa Malang

Senin, 17 Desember 2007 08:56 WIB | 1746 Views

Berita Terkait
Malang (ANTARA News) - Gempa berkekuatan sekitar 5,6 pada skala Richter (SR) menguncang wilayah Malang Raya dan dampak guncangan bisa dirasakan oleh masyarakat di sekitar pesisir pantai selatan Jawa, antara lain Blitar, Tulung Agung, Trengalek hingga kabupaten Pacitan.

Kepala Kelompok Jabatan Fungsional BMG Lahor Karangkates Malang, Waskito, Senin, membenarkan telah tejadi gempa bumi yang berkekuatan 5,6 SR pukul 07.09 WIB yang mengguncang wilayah Malang Raya dan sebagian pesisir pantai selatan Jawa.

"Episentrum atau pusat gempa berada pada 09.85 derajat Lintang Selatan (LS) dan 112.44 derajat Bujur Timur, tepatnya 200 km di tenggara kabupaten Blitar," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, gempa yang terjadi di arah tenggara kabupaten Blitar merupakan gempa tektonik dengan kedalam episentrum sekitar 10 km. Gempa terjadi akibat ada pergeseran batuan yang ada didasar laut pantai selatan Jawa.

"Hingga saat ini belum ada laporan masalah kerusakan akibat terjadinya gempa. Kami berharap pada masyarakat yang terkena dampak gempa untuk segera melaporkan pada kantor BMG maupun kantor pemerintahan setempat," katanya menambahkan. (*)

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Mimika targetkan bisa bebas malaria tahun 2018

Mimika targetkan bisa bebas malaria tahun 2018Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua mempercepat target penuntasan kasus malaria dari 2028 menjadi 2018. Pejabat ...

KPU Kepri mulai rekapitulasi suara tanpa Batam

KPU Kepri mulai rekapitulasi suara tanpa BatamKomisi Pemilihan Umum Kepulauan Riau memulai rapat pleno rekapitulasi perolehan suara pemilu tingkat provinsi, Rabu, ...

Prancis tertarik proyek monorel di Jabar

Prancis tertarik proyek monorel di JabarPrancis tertarik untuk menjajaki investasi di Provinsi Jawa Barat, kata Duta Besar Perancis Corine Breuze saat ...