Gempa Berkekuatan 5,6 SR Landa Malang

Senin, 17 Desember 2007 08:56 WIB | 1744 Views

Malang (ANTARA News) - Gempa berkekuatan sekitar 5,6 pada skala Richter (SR) menguncang wilayah Malang Raya dan dampak guncangan bisa dirasakan oleh masyarakat di sekitar pesisir pantai selatan Jawa, antara lain Blitar, Tulung Agung, Trengalek hingga kabupaten Pacitan.

Kepala Kelompok Jabatan Fungsional BMG Lahor Karangkates Malang, Waskito, Senin, membenarkan telah tejadi gempa bumi yang berkekuatan 5,6 SR pukul 07.09 WIB yang mengguncang wilayah Malang Raya dan sebagian pesisir pantai selatan Jawa.

"Episentrum atau pusat gempa berada pada 09.85 derajat Lintang Selatan (LS) dan 112.44 derajat Bujur Timur, tepatnya 200 km di tenggara kabupaten Blitar," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, gempa yang terjadi di arah tenggara kabupaten Blitar merupakan gempa tektonik dengan kedalam episentrum sekitar 10 km. Gempa terjadi akibat ada pergeseran batuan yang ada didasar laut pantai selatan Jawa.

"Hingga saat ini belum ada laporan masalah kerusakan akibat terjadinya gempa. Kami berharap pada masyarakat yang terkena dampak gempa untuk segera melaporkan pada kantor BMG maupun kantor pemerintahan setempat," katanya menambahkan. (*)

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Pekerja `outsourcing` berkemah di depan kantor PLN Sumbawa

Pekerja `outsourcing` berkemah di depan kantor PLN SumbawaSejumlah pekerja outsourcing yang tergabung dalam Serikat Pekerja Progresif menggelar aksi unjuk rasa dan mendirikan ...

Kementan siapkan varietas sayuran antisipasi perubahan iklim

Kementan siapkan varietas sayuran antisipasi perubahan iklimKementerian Pertanian (Kementan) melalui Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) menyiapkan varietas sayuran ...

Suharso belum terima surat pemecatan dirinya

Suharso belum terima surat pemecatan dirinyaWakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Suharso Monoarfa mengaku belum menerima surat pemecatan dirinya yang ...