Presiden Yudhoyono Akan Lantik Panglima TNI Pekan Ini

Senin, 24 Desember 2007 15:18 WIB | 1065 Views

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melantik Panglima TNI baru Jenderal TNI Djoko Santoso pada pekan ini.

"Bisa saja dalam dua hari mendatang, yakni pada 27 dan 28 Desember, Presiden melantik Panglima TNI yang baru," kata Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI, Marsekal Muda TNI Sagom Tamboen ketika dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Senin.

Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng mengungkapkan pada Minggu (23/12) Presiden Yudhoyono, Panglima TNI Marsekal Djoko Suyanto, Menteri Sekretaris Negera Hatta Radjasa dan Menteri Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi mengadakan rapat tertutup di Istana Cipanas, Bogor.

Dalam rapat tersebut dibahas tentang rencana pelantikan Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dan Kepala Staf Angkatan Udara yang baru.

Namun, hingga kini Presiden belum memastikan waktu dan hari pelantikan bagi Panglima TNI yang baru.

"Waktunya dan harinya, belum dipastikan bisa saja dalam dua hari mendatang," kata Sagom menegaskan.

Tentang siapa yang menjabat sebagai Kasad dan Kasau periode mendatang, ia mengemukakan hingga kini Presiden belum bersedia menyebutkan siapa yang akan menduduki kursi Kasad dan Kasau.

"Yang jelas, kini ada enam bintang tiga di jajaran TNI AD yang berpeluang menduduki kursi Kasad dan tiga bintang tiga di jajaran TNI AU yang berpeluang menjadi Kasau. Itu nanti yang memutuskan Presiden dalam bentuk Keppres," kata Sagom.

Bisa saja pelantikan Panglima TNI beserta dua kepala staf angkatan itu dilaksanakan bersamaan, imbuhnya.

"Bisa saja, sore ini Presiden mengeluarkan keppres siapa yang menjadi Kasad dan Kasau periode mendatang. Kita masih menunggu," kata Sagom.

Kini ada enam orang perwira tinggi TNI AD yang memiliki kualifikasi dan peluang sebagai kasad.

Keenam perwira tinggi itu adalah Wakil Kasad Letjen TNI Kornel Simbolon (Akademi Militer angkatan 1973), Komandan Pendidikan dan Latihan TNI AD (Kodiklatad) Letjen TNI Bambang Darmono (1974), Sekretaris Menko Polhukam Letjen TNi Agustadi Sasongko Purnomo (1974).

Kemudian, Sekjen Departemen Pertahanan (Dephan) Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin, Kasum TNI Letjen TNI Erwin Sudjono (1975) dan Panglima Kostrad Letjen TNI George Toisutta lulusan Akademi Militer 1975.

Sementara itu, di TNI AU ada tiga nama yang berpeluang menjabat Kasau periode mendatang, yakni Wakil Kasau Marsekal Madya TNI Subandrio, Marsekal Madya TNI Rio Mendung dan Marsekal Madya TNI Toto Riyanto. (*)

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

DKI segera lelang pembangunan MRT tahap II

DKI segera lelang pembangunan MRT tahap IIPemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk segera mengadakan lelang atau beauty contest pembangunan ...

KPK temukan ketidaksesuaian teknologi e-KTP

KPK temukan ketidaksesuaian teknologi e-KTPKomisi Pemberantasan Korupsi menemukan ketidaksesuaian teknologi dalam pengadaan paket penerapan Kartu Tanda Penduduk ...

Menteri: Kuota polwan diharapkan minimal 30 persen

Menteri: Kuota polwan diharapkan minimal 30 persenMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar mengharapkan, kuota polisi wanita ...