Surin Pitsuwan Sekjen Baru ASEAN

Senin, 7 Januari 2008 18:32 WIB | 3840 Views

Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Luar Negeri Thailand Surin Pitsuwan resmi menjabat Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), menggantikan Ong Keng Yong (Singapura), yang masa jabatannya berakhir pada 31 Desember 2007.

Acara serah terima jabatan di Sekretariat ASEAN Jakarta hari Senin itu juga dihadiri Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda dan perwakilan diplomatik sejumlah negara di Indonesia.

Pitsuwan (57 tahun) akan menjabat Sekretaris Jenderal ASEAN masa bakti 1 Januari 2008 hingga 31 Januari 2008.

Dalam pidatonya seusai serah terima jabatan itu, Pitsuwan berharap seluruh anggota ASEAN bersatu mencapai ASEAN lebih baik pada masa depan, yang lebih padu, efisien dan maju.

Menurut dia, dengan penandatangan Piagam ASEAN pada November 2007, seluruh negara ASEAN diharapkan menyamakan visi dan misi untuk menghadapi tantangan baru pada masa depan.

Pitsuwan, yang berasal dari Nakorn Sri Thammarat, Thailand Selatan, menjabat Menteri Luar Negeri Thailand pada 1997-2002.

Seusai berkarir dalam pemerintahan, Pitsuwan menjadi anggota parlemen di Dewan Legislatif Nasional dan wakil ketua Partai Demokrat di Thailand.

Pada kesempatan itu, Pitsuwan juga mengatakan jabatan barunya itu memberi jalan lebih luas untuk berkecimpung dalam politik internasional dan beristirahat sejenak dari politik dalam negeri.

"Sekarang, saya mewakili ASEAN, bukan pemerintah Thailand atau masyarakat Thailand, tapi seluruh warga ASEAN," katanya.

ASEAN terdiri atas 10 negara, yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, Brunei, Filipina, Kamboja, Myanmar, Laos, dan Vietnam.(*)

Editor: Heru

COPYRIGHT © 2008

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Komisi IV bahas perkebunan

Komisi IV bahas perkebunanKomisi IV DPR RI akan memberikan kewenangan kepada Direktorat Jenderal Perkebunan untuk mengelola industri perkebunan ...

LIPI dirikan Rumah Kantung Semar di Cibodas

LIPI dirikan Rumah Kantung Semar di CibodasUnit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Cibodas selaku satuan kerja Lembaga Ilmu ...

Pekerja `outsourcing` berkemah di depan kantor PLN Sumbawa

Pekerja `outsourcing` berkemah di depan kantor PLN SumbawaSejumlah pekerja outsourcing yang tergabung dalam Serikat Pekerja Progresif menggelar aksi unjuk rasa dan mendirikan ...