Kelangkaan Kedelai Berpotensi Dorong Inflasi Januari

Selasa, 15 Januari 2008 09:42 WIB | 1505 Views

Berita Terkait
Jakarta (ANTARA News) - Kelangkaan kedelai pada awal 2008 ini diperkirakan bakal memicu inflasi Januari, sehingga berpotensi mengganggu target inflasi pemerintah lima plus minus satu persen.

"Ini berpotensi memberi tekanan inflasi," kata Direktur Perencanaan Makro Bappenas, Bambang Prijambodo, di Jakarta, Selasa.

Meskipun demikian, dia meyakini bahwa pemerintah akan segera melakukan upaya penjagaan ketersediaan kedelai, maupun bahan makanan lainnya agar dampaknya tidak berkepanjangan.

Ditambahkannya, upaya penjagaan ketersediaan bahan makanan itu penting untuk menjaga tekanan inflasi dari bahan makanan sepanjang tahun, mengingat pada 2007 sektor ini mengalami kenaikan harga atau inflasi hingga 12 persen.

Menurut data BPS, inflasi pada Januari 2007 mencapai 1,04 persen. (*)

COPYRIGHT © 2008

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Kinerja Garuda kuartal I 2014 diproyeksikan turun

Kinerja Garuda kuartal I 2014 diproyeksikan turunKinerja keuangan PT Garuda Indonesia Tbk pada kuartal I 2014 diperkirakan masih akan tertekan akibat depresiasi rupiah ...

IHSG dibuka turun, rupiah melemah

IHSG dibuka turun, rupiah melemahIndeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis dibuka turun 1,47 poin atau 0,03 persen ...