Laksda TNI Sudjatmiko Jadi Gubernur AAL

Kamis, 14 Februari 2008 17:29 WIB | 677 Views

Surabaya (ANTARA News) - Kepala Staf TNI ANgkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Sumardjono, di Surabaya, Kamis, melantik Laksda TNI Sudjatmiko sebagai Gubernur Akademi TNI AL (AAL), Laksda TNI Lili Supramono sebagai Pangarmatim dan Laksma TNI Bambang Supeno sebagai Pangkolinlamil.

Pelantikan Panglima Armada Kawasan Timur (Pangarmatim) dan Panglima Komando Lintas Militer (Pangkolinlamil) dilaksanakan secara bersamaan di Markas Koarmatim, sedangkan Gubernur AAL dilaksanakan tersendiri di kampus AAL bersamaan dengan upacara Parade Surya Senja.

Laksda TNI Sudjatmiko yang lahir di Madiun pada 26 September 1951 adalah alumni AAL tahun 1975, dan ia menggantikan Mayjen TNI (Mar) Agung Widjajdi S. yang akan memasuki masa pensiun.

Sementara itu, Laksda TNI Lili Supramono, yang sebelumnya menjabat Pangkolinlamil, menggantikan Laksda TNI Adi Prabawa. Adi Prabawa tergolong paling singkat menjabat Pangarmatim, yakni sekira empat bulan, akan bertugas di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Kasal yang ditanya wartawan mengenai banyaknya pejabat yang diganti semasa dirinya menjadi orang nomor satu di TNI AL enggan berkomentar banyak.

"Itu normal saja, hanya masalah regenerasi," kata laksamana berbintang empat asal Yogyakarta.

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa serah terima jabatan (sertijab) pada hakekatnya merupakan wujud dari tuntutan dinamika organisasi yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

"Dengan sertijab ini diharapkan dapat memberikan nuansa baru dalam lingkungan organisasi Koarmatim dan Kolinlamil, sekaligus diharapkan munculnya ide-ide baru yang inovatif dan kreatif," katanya.

Ia mengemukakan bahwa Koarmatim dan Kolinlamil merupakan Komando Utama (Kotama) operasional dan pembinaan TNI AL. Dalam hal pengerahan kekuatan --termasuk penggunaan alat utama sistem senjata (alutsista)-- berada di bawah komando dan pengendalian Panglima TNI, sedangkan dalam pembinaan kesiapan operasional berkedudukan langsung di bawah Kasal.

"Saya berpesan kepada seluruh prajurit Koarmatim dan Kolinlamil, agar menjadi ksatria samudera terbaik dan terpilih. Pelihara dan rawatlah alutsista yang dipercayakan oleh negara kepada kita semua dengan penuh tanggung jawab, sehingga alutsista selalu dalam kondisi siap setiap saat," ujarnya menambahkan. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2008

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Pekerja `outsourcing` berkemah di depan kantor PLN Sumbawa

Pekerja `outsourcing` berkemah di depan kantor PLN SumbawaSejumlah pekerja outsourcing yang tergabung dalam Serikat Pekerja Progresif menggelar aksi unjuk rasa dan mendirikan ...

Komisi IV bahas perkebunan

Komisi IV bahas perkebunanKomisi IV DPR RI akan memberikan kewenangan kepada Direktorat Jenderal Perkebunan untuk mengelola industri perkebunan ...

Tanda-tanda bila anak jadi korban pelecehan seksual

Tanda-tanda bila anak jadi korban pelecehan seksualAnak umumnya memunculkan tanda-tanda tertentu bila telah terjadi sesuatu yang buruk pada dirinya seperti pelecehan ...