MUI Minta Tim Film "KCB" Hindari Isu SARA

Selasa, 1 April 2008 17:58 WIB | 1621 Views

Jakarta (ANTARA News) - Majelis Ulama Indonesia minta SinemArt Pictures dan tim produksi film layar lebar Ketika Cinta Bertasbih agar menghindari isu SARA dalam membuat film tersebut.

"Kami menyambut baik rencana pembuatan film ini. Kami hanya berharap film tersebut dihindari dari hal-hal yang dapat menimbulkan gesekan dengan golongan, bangsa, apalagi umat agama lain," kata Ketua MUI Umar Shihab, ketika bertemu dengan tim produksi film tersebut, di antaranya produser Heru Hendriyanto dan sutradara Chaerul Umam, di kantor Pusat MUI, Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa.

Menurut Umar, film Islami sangat baik bila dapat memberikan pencerahan bagi kehidupan bangsa, secara khusus umat Islam.

Ia mengatakan MUI selama ini memang menerima baik kunjungan para pembuat film yang bermaksud untuk berkonsultasi, khususnya terkait materi tontonan yang Islami.

"Pertemuan konsultasi ini sudah sering, bukan hanya film tetapi juga sinetron televisi," katanya.

Sementara itu, Heru Hendriyanto mengatakan pihaknya memang berencana menemui semua organisasi Islam untuk meminta masukkan sebanyak-banyaknya.

"Sedapatnya, kami ingin mengunjungi semua organisasi terkait," katanya, serta menyatakan pihaknya sudah bertemu dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin, dan mendapatkan dukungan penuh.


"Belajar dari AAC"

Pertemuan antara SinemArt Pictures dan MUI berlangsung hampir dua jam, mulai pukul 11.20 WIB.

Selain Umar Sihab, MUI diwakili pula oleh sejumlah anggota pengurusnya.

Menanggapi rencana pembuatan film Ketika Cinta Bertasbih yang diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy (Kang Abib), Sekretaris MUI Anwar Abbas meminta agar tim produksi belajar dari Ayat Ayat Cinta yang juga diangkat dari novel berjudul sama karya Kang Abib.

"Dalam Ayat Ayat Cinta ada adegan besyahadat yang tidak diperlihatkan. Itu bagus, supaya tidak menyinggung umat lain," katanya.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2008

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Dahlan, rapim BUMN dan fans Liverpool

Dahlan, rapim BUMN dan fans LiverpoolMenteri BUMN Dahlan Iskan rutin menggelar rapat dengan para deputi dan staf ahli pada setiap Kamis, berpindah pindah ...

ERU akan gelar konser kedua di Jakarta

ERU akan gelar konser kedua di JakartaPenyanyi pop asal Korea Selatan ERU akan menggelar konser kedua bertajuk "Hide & Seek" di Lapangan D Senayan, ...

Soundtrack "Frozen" kalahkan rekor "The Lion King"

Soundtrack Soundtrack animasi Disney Frozen berhasil menduduki tangga album Billboard 200 selama 11 minggu berturut-turut.Frozen ...