Medan (ANTARA News) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Angkatan Laut India (IN) terus memantapkan kerja sama keamanan maritim kedua negara guna mengatasi berbagai ancaman dan gangguan keamanan laut di antaranya perompakan, penyelundupan dan pencemaran.

"Kerja sama di bidang keamanan laut tersebut di antaranya diwujudkan melalui Patkor (Patroli Terkoordinasi) antara Indonesia dan India," kata Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I, Mayor H Sinuhaji, kepada ANTARA News di Medan, Sabtu.

Dia menyatakan hal itu berkaitan dengan kedatangan kapal perang India masing-masing Indian Navy Ship (INS) Bangaram dan INS Mahish ke Pelabuhan Belawan Medan, Jumat (23/9) dalam rangka tugas Patkor India-Indonesia (Indindo) ke-18 tahun 2011.

Kerja sama Indonesia dan India di bidang keamanan laut, menurut dia, merupakan bagian dari wujud nyata hubungan antardua negara yang selama ini mempunyai sejarah panjang dan telah berjalan baik.

Indonesia dan India sebagai negara bertetangga, lanjut dia, memiliki kepentingan bersama untuk ikut bertanggung jawab dalam hal pengamanan laut khususnya di perairan Internasional Selat Malaka.

Selat Malaka merupakan salah satu jalur pelayaran internasional tersibuk di dunia, sehingga negara-negara di sekitarnya perlu senantiasa meningkatkan koordinasi pengamanan.

Indonesia dan India sebagai negara yang berada di posisi pintu masuk selat Malaka India telah pula berkomitmen untuk terus meningkatkan kegiatan pengamanan di jalur pelayaran internasional itu.

Melalui patroli bersama antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut India, kata dia, perairan Selat Malaka diharapkan terbebas dari berbagai ancaman dan gangguan keamanan.

Patkor Indino 18 tahun 2011 yang dimulai 23 September direncanakan berlangsung selama dua mingguakan ditutup di Port Blair India.

Dalam kegiatan pengamanan perairan Selat Malaka, pihak TNI AL melibatkan KRI Silas Papare dan Pesawat Nomad P-850.

Sinuhaji menambahkan bahwa para perwira kedua kapal perang India itu selama tiga hari berada di Belawan melakukan kunjungan kehormatan kepada Komandan Lantamal I Brigjen (Mar) Bambang Susilo, menghadiri undangan jamuan makan malam dari Konsulat Jenderal India di Medan dan melakukan pertandingan olah raga dengan jajaran personel Lantamal I.

Kapal perang INS Bangaram dipimpin Letkol Yasho Vijay Joshi dan INS Mahish dikomandoi Letkol Prajit Menom.
(T.ANT-197/M019)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011