London (ANTARA News) - Para Duta Besar Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Roma mengunjungi paviliun anggota ASEAN di World Expo Milano 2015 untuk melihat pembangunan pertanian dan pangan di antara mereka.

Di Paviliun Indonesia, Duta Besar Indonesia, Thailand dan Filipina, dan delegasi ASEAN lainnya melihat keragaman produk-produk pertanian Indonesia sekaligus mencicipi makanan khas Indonesia, seperti lumpia dan sate.

Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Roma, Nindarsari Utomo, kepada ANTARA, Rabu. mengatakan bahwa kegiatan ASEAN Committee in Rome (ACR) diselenggarakan sebagai salah satu agenda di bawah Keketuaan Thailand di periode Januari-Juni 2015.

Di World Expo Milano 2015 terdapat tujuh negara ASEAN yang berpartisipasi, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja dan Brunei Darussalam yang masing-masing memiliki keunikan.

Duta Besar Indonesia di Roma, August Parengkuan, kepada Dubes Thailand dalam kunjungannya ke Paviliun Thailand menyampaikan : "Selamat untuk Thailand atas paviliun yang artistik dan edukatif."

Paviliun Thailand hadir dengan multimedia dan konsep pertanian yang menggambarkan peran Raja Thailand terhadap pengembangan pertanian di Thailand sejak 1960-an.

Adapun Paviliun Malaysia menggambarkan keragaman hayati Malaysia yang memiliki karakter hutan hujan tropis, budidaya minyak kelapa sawit dan produksinya yang berkelanjutan dan tidak menyebabkan pengundulan hutan.

Paviliun Vietnam memperlihatkan keindahan alamnya melalui hiasan bambu, kerajinan tangan dan alat musik khas Vietnam.

Sedangkan, Paviliun Myanmar, Kamboja, Laos berada di Klaster Beras dan Brunei Darussalam berada di Klaster Rempah-rempah World Expo Milano 2015.

Suguhan makanan khas yang dijual di masing-masing paviliun negara anggota ASEAN juga sangat menarik, seperti nasi lemak dan roti canai di Paviliun Malaysia, nasi goreng dan sate di Paviliun Indonesia, pad thai dan beras ketan menu mangga di Paviliun Thailand, pho maupun spring rolls khas Vietnam.

Kesemuannya ini dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau untuk ukuran Eropa, demikian Vivi Feriany, Sekretaris Kedua Politik Ekonomi KBRI Roma.

Malaysia akan menggantikan Thailand sebagai Ketua ACR untuk periode Juli-Desember 2015. ACR merupakan perkumpulan negara anggota ASEAN yang bertempat di Roma. ACR terdiri dari Filipina, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015