Thorpe: Reputasi Tercemar Lantaran Doping

Senin, 26 November 2007 15:03 WIB | 741 Views

Sydney (ANTARA News) - Perenang putra Australia yang meraih lima medali emas Olimpiade, Ian Thorpe, di hari Senin mengatakan dirinya tidak akan pernah bisa mengembalikan reputasi renangnya secara utuh setelah kontroversi dikaitkan dengan kasus obat terlarang (doping).

Sebuah koran Prancis pada Maret 2007 menyiarkan rincian contoh air seni yang dikembalikan tahun lalu yang menunjukkan tingkat testosteron Thorpe tidak normal.

Badan anti-doping olahraga Australia (ASADA) selanjutnya mengatakan, tidak ada masalah, dan badan renang internasional FINA awal bulan ini mengatakan, tidak cukup bukti Thorpe menggunakan obat terlarang.

Meski sudah jelas tidak bersalah, atlet Olimpiade Australia paling sukses itu mengatakan, reputasinya sudah tercemar.

"Saya gembira bahwa kasus itu sudah berlalu, tapi Anda tahu sebenarnya tidak dan tidak akan pernah berakhir," kata Thorpe kepada wartawan saat inspeksi terakhir di Pusat Aquatik Ian Thorpe di Sydney.

"Nama saya sudah tercemar, apalagi di luar negeri, lebih dari Australia, dan itu sesuatu yang akan terus saya alami," ujarnya.

Ditanya pers, apakah dia bisa mengembalikan reputasinya 100 persen, Thorpe berkata, "Tidak, Anda tidak akan bisa. Itu tidak mungkin."

Thorpe mengatakan, tidak mengabaikan kemungkinan mengambil tindakan hukum untuk mengetahui orang yang membocorkan informasi rahasia itu kepada koran Prancis.

"Segala sesuatunya memungkinkan. Saya sudah memikirkan apa yang tepat, serta hak moral yang tepat bagi saya," ujarnya.

Sudah satu tahun sejak Thorpe meninggalkan renang kompetitif. Perenang berusia 25 tahun itu hanya mengatakan, sedih tidak menyiapkan diri menghadapi Olimpiade Beijing tahun depan.

"Saya senang berlatih untuk itu, dan saya suka berlomba, tapi hanya itu. Saya tak ingin yang lainnya. Saya gembira dengan apa yang saya lakukan sekarang dan saya menikmatinya. Saya bahagia dalam kehidupan saya saat ini dan saya tak ingin mengubah itu," katanya menambahkan. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Rifat Sungkar coba kemampuan di rally cross

Rifat Sungkar coba kemampuan di rally crossPereli nasional Rifat Sungkar berencana mencoba kemampuannya dengan turun di kejuaraan bergengsi rally cross setelah ...

Indonesia raih dua gelar di Taiwan Open 2014

Indonesia raih dua gelar di Taiwan Open 2014Pebulu tangkis Indonesia berhasil meraih dua gelar juara pada kejuaraan bulu tangkis "Chinese Taipei Open Grand Prix ...

Pemerintah baru diminta perhatikan prestasi atlet

Pemerintah baru diminta perhatikan prestasi atletPemerintah baru diminta memperhatikan prestasi atlet dengan memberikan penghargaan yang layak atas pencapaian mereka ...