PPK gelar simulasi penghitungan suara

Kamis, 13 Maret 2014 14:53 WIB | Dilihat 4.837 Kali
PPK gelar simulasi penghitungan suara

ILUSTRASI (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Tangerang (ANTARA News) - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Tangerang, Banten, menggelar bimbingan teknis (bintek) dan simulasi pemungutan serta penghitungan suara kepada PPS di masing-masing wilayah.

Banani Bahrul, Pengarah Pokja Penghitungan Suara KPU Kota Tangerang, mengatakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara oleh PPK dilaksanakan mulai 13 Maret dan berakhir pada 20 Maret.

"Untuk bintek simulasi pemungutan dan penghitungan suara bagi KPPS nantinya akan digelar oleh PPS mulai 21-30 Maret mendatang," katanya.

Dikatakannya, simulasi pemungutan dan penghitungan suara (Tungsura) guna menguatkan pemahaman PPK akan teknis-tenis dan juga guna disebarluakan lagi ke tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Dalam simulasi itu, kata Bahrul, anggota PPK mempraktekkan semua proses pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), seperti di TPS sesungguhnya.

Kelengkapannya, mulai dari kotak suara, bilik suara, surat suara, dan kelengkapan KPPS lainnya persis seperti saat pencoblosan 9 April nanti.

Sehingga dapat diketahui solusi apa yang perlu dilakukan manakala ada kendala saat pemungutan dan penghitungan suara kelak.

Sebelum menggelar simulasi, KPU juga melakukan bimbingan teknis kepada anggota PPK soal tata cara pemungutan dan pengghitungan suara.

"Harapan kami, saat PPK menggelar bintek Tungsura ke PPS dan PPS ke KPPS, simulasi ini bisa dilakukan oleh masing-masing tingkatan," tandasnya.

Ketua PPK Tangerang Yahya Suhada mengatakan, bintek dilakukan guna pemantapan pelaksanaan teknis Tungsura di lapangan.

"Kami sudah siap mentransformasi teknis Tungsura ke PPS," ujarnya.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2014

Berita Terkait
Kirim Komentar
Komentar Pembaca