LSI keluarkan empat prediksi terkait Pemilu 2014

Senin, 7 April 2014 19:27 WIB | Dilihat 33.570 Kali
LSI keluarkan empat prediksi terkait Pemilu 2014

Pendiri Lingkaran Survei Indonesia Denny JA (FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari)

Silakan hasil prediksi ini diuji bersama dengan hasil quick count (hitung cepat) dan hasil resmi KPU nantinya,"
Jakarta (ANTARA News) - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) kembali melakukan prediksi mutakhir tentang peta dukungan partai politik yang dituangkan dalam "Empat Prediksi LSI" menjelang Pemilu, 9 April 2014.

Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network, Denny JA, PhD dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, mengatakan empat prediksi sebegai berikut.

Pertama, dua partai politik diprediksi tidak lolos "parliamentary threshold" (PT) atau ambang batas di parlemen karena elektabilitas partainya di bawah 3,5 persen sesuai hasil survei LSI (22-26 Maret 2014). Kedua partai itu adalah PBB dan PKPI.

Kedua, Pemilu 2014 diprediksi akan menghasilkan enam partai politik papan bawah dengan elektabilitas antara 3,5 persen-- 8 persen. Keenam partai politik tersebut antara lain; PKB, PKS, Hanura, Nasdem, PPP, dan PAN.

Ketiga, pemilu 2014 diprediksi akan menghasilkan dua partai politik papan tengah dengan elektabilitas antara 8--16 persen. Kedua partai politik itu adalah partai Gerindra dan Partai Demokrat.

Keempat, Pemilu 2014 juga diprediksi hanya akan menghasilkan dua partai politik papan atas dengan elektabilitas di atas 16 persen, dan potensial di atas 20 persen. Kedua partai tersebut adalah partai PDIP dan Golkar. Kedua partai ini masih punya peluang yang sama untuk menjadi pemenang.

Menurut Denny JA, partai yang memenangi pemilu adalah partai yang paling mampu menarik simpati pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voter) yaitu sebesar 10,6 persen dan partai yang mampu meminimalisasi tingkat golput dari pendukungnya.
 
Demikian Empat Prediksi hasil Pemilu Legislatif 2014. Survei itu berdasarkan data survei LSI 22--26 Maret 2014. Survei di 33 Propinsi dengan jumlah responden 1.200 orang. Margin of error survei +/- 2.9 %.

"Silakan hasil prediksi ini diuji bersama dengan hasil quick count (hitung cepat) dan hasil resmi KPU nantinya," kata Denny JA.

Dia menambahkan, Pada Pemilu 2009, LSI membuat prediksi bahwa hanya ada tiga partai yang perolehan suaranya di atas 12 persen yaitu Partai Demokrat, PDIP, dan Golkar. Total suara dari ketiga partai itu mencapai 50 persen suara.

"LSI juga memprediksi hanya 9 partai politik yang bisa menempatkan wakilnya di Parlemen. Prediksi ini diiklankan di media nasional pada 8 April 2009 yang semuanya terbukti dan LSI memperoleh rekor MURI karena ketepatan dalam memprediksi hasil pemilu," demikian Denny JA.(*)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2014

Berita Terkait
Kirim Komentar
Komentar Pembaca