Pohon Langka KB Gembiraloka Tumbang, Timpa Pengendara Motor

Yogyakarta (ANTARA News) - Angin kencang yang melanda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Jumat siang sekitar pukul 16.15 WIB mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan salah satu pohon yang tumbang adalah koleksi pohon langka milik Kebun Raya Kebun Binatang (KRKB) Gembiraloka yang menimpa seorang pengendara motor.

Akibat dari kejadian tersebut pengendara sepeda motor Honda Vario AB-3520-DJ, Baby Diana Rumania (15) warga Karangsari, Rejowinangun, Kotagede, mengalami luka dan harus mendapat perawatan di Rumah Sakit Soedirman.

Menurut keterangan saksi mata Albertus Tri Prasetyo warga Jalan Kebun Raya, Kotagede, Yogyakarta, kejadian tersebut bermula sekitar pukul 16.15 WIB tiba-tiba hujan turun dengan disertai.angin kencang.

"Sesaat kemudian pohon yang ada di dalam pagar KRKB tumbang ke arah timur dan tepat berada di jalan Kebun Raya, pada waktu bersamaan melintas korban dengan mengendarai sepeda motor sehingga langsung tertimpa," katanya.

Selain menimpa, pengendara motor robohnya pohon ini juga mengakibatkan jaringan kabel listrik terputus dan jalan macet total.

Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta langsung melakukan evakuasi terhadap pohoin tersebut dan memotong dengan menggunakan gergaji mesin.

Sementara itu angin kencang juga mengakibatkan sejumlah pohon di Kabupaten Sleman juga tumbang.

"Ada beberapa pohon yang tumbang di Sleman seperti di Kecamatan Mlati dan Tempel. Kami masih melakukan pendataan jumlah pohon yang tumbang," kata Kabid Penanggulangan Bencana Alam, Dinas Pengairan, Pertambangan dan Penaggulangan Bencana Alam (P3BA) Kabupaten Sleman, Singgih Sudibyo.(*)