Microsoft Dynamics AX Membawa PT Mowilex Indonesia ke Posisi Teratas

Jakarta, 2/6 (ANTARA) - PT Mowilex Indonesia mulai memproduksi produk cat pada Maret 1970, di mana pada saat itu bahan baku dan komponen kimia lainnya untuk memproduksi cat masih sulit untuk ditemukan di pasar lokal dan kebanyakan dari mereka bahkan harus langsung impor dari negara lain. Ini juga merupakan awal dari era global produsen cat, karena banyak perusahaan yang datang ke Indonesia dan menciptakan persaingan yang ketat.

Namun, setelah melalui 4 dekade yang cukup ketat, serta dengan komitmen untuk memperhatikan kualitas produk dan layanan pelanggan, maka PT Mowilex Indonesia kini ditetapkan sebagai salah satu produsen khusus high-end cat dekoratif, dan selalu memahami harapan pelanggan untuk mendapatkan nilai yang tinggi dengan menggunakan cat yang memiliki performa tinggi dan tahan lama dibanding menggunakan produk-produk cat berkualitas rendah. PT Mowilex Indonesia telah menerapkan visi ke dalam seluruh portofolio produk, yaitu dengan menawarkan berbagai macam produk berkualitas tinggi, dengan menggunakan lapisan pelindung dan cat dekoratif.

Saat ini, PT Mowilex Indonesia telah beroperasi di seluruh Indonesia melalui jaringan cabang, kantor representatif, dan beberapa distributor. Dengan keadaan struktur organisasi yang seperti itu, maka sulit untuk menyelesaikan laporan bulanan dengan sistem yang selama ini digunakan. Oleh karena itu, solusi ERP (Enterprise Resource Planning) yang baru dan tangguh diperlukan sebagai pusat layanan, on-line platform untuk TQM (Total Quality Management) di seluruh rantai proses industri dari mulai pengadaan bahan baku sampai layanan purna jual.

Mengingat pentingnya solusi ERP untuk mendukung kegiatan operasional berjalan dengan sukses, maka tim manajemen membuat daftar persyaratan yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem ERP seperti mudah digunakan, biaya rendah dalam perawatan, dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan, fleksibel mengikuti perkembangan perusahaan dan Integrasi yang mudah antara database transaksi dengan sistem laporan.

Penerapan Microsoft Dynamics AX di PT Mowilex Indonesia
Berdasarkan dengan kriteria seleksi di atas, maka manajemen PT Mowilex Indonesia melakukan penelitian bertahap untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang fungsi dan penerapannya sesuai kondisi perusahaan dari berbagai macam solusi ERP. "Dalam memilih sebuah solusi ERP, kita harus tetap berpikir realistis terhadap keinginan-keinginan yang timbul dari diri kita sendiri. Kita juga harus membedakan antara apa yang sebenarnya kita perlukan dan apa yang bagus untuk kita miliki," Kata Henrik Jensen, CEO PT Mowilex Indonesia.

Setelah berkonsultasi dengan beberapa konsultan dan membandingkan dengan beberapa solusi ERP yang ada di pasar, maka manajemen PT Mowilex Indonesia memutuskan untuk menerapkan Microsoft Dynamics AX. Dengan berbagai pertimbangan di antaranya, kualitas konsultan dan pengalaman yang cukup banyak maka PT Columbus IT Indonesia terpilih sebagai konsultan untuk membantu menerapkan solusi Microsoft Dynamics AX di PT Mowilex.

Dengan kerjasama tim yang kuat antara pihak PT Columbus IT (konsultan) dan PT Mowilex Indonesia, maka implementasi modul produksi dan logistik dapat dilaksanakan dengan tepat dan sesuai dengan rencana, yaitu dalam jangka waktu enam bulan.

Keuntungan menggunakan Microsoft Dynamics AX
Manfaat utama dari Microsoft Dynamics AX ini sangat dirasakan oleh manajemen seperti kemampuannya untuk mengelola multi-lokasi bisnis secara transparan seperti yang telah dirasakan oleh manajemen PT Mowilex Indonesia. "Microsoft Dynamics AX dirancang untuk mendukung operasi bisnis, dengan memberikan informasi data yang tepat sehingga dapat digunakan oleh manajemen untuk membuat perencanaan dan strategi untuk mencapai perkembangan perusahaan yang maksimal". Kata Andreas Kagawa, Business Lead - Microsoft Dynamics, PT Microsoft Indonesia.

"Dengan bantuan Microsoft Dynamics AX kami berada dalam posisi yang lebih baik dibandingkan dengan perusahaan lain sejenis karena dengan data yang cepat dan tepat kami dapat mengerti kebutuhan pasar dan menghasilkan produk yang tepat serta mengirim ke masing-masing lokasi sehingga dapat meningkatkan efisiensi biaya operasional," ujar Henrik. Keuntungan lainnya yang didapat dengan menggunakan Microsoft Dynamics AX adalah solusi ERP tersebut didasarkan pada platform Microsoft Windows yang sudah biasa digunakan oleh para pengguna, sehingga dapat mengurangi waktu dan biaya pelatihan.

Tidak seperti beberapa solusi ERP lainnya, Microsoft Dynamics AX tidak memerlukan investasi yang besar tetapi tetap dilengkapi fitur dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dari berbagai jenis bisnis, serta dapat meningkatkan perkembangan bisnis perusahaan. Henrik menyimpulkan bahwa Microsoft Dynamics AX adalah solusi sistem ERP yang paling mudah digunakan dan terjangkau untuk saat ini.