Obama Janji Tunjukkan Hawaii Asli Pada APEC 2011

Washington (ANTARA News/AFP) - Presiden AS Barack Obama berjanji untuk menampilkan keadaan Hawaii yang kaya warisan budaya ketika ia menjadi tuan rumah KTT Asia-Pasifik 2011, Gedung Putih mengatakan Kamis.

Obama menggoda para pemimpin dunia saat ia mengumumkan KTT Hawaii pada pertemuan APEC terakhir di Singapura November lalu, bahwa mereka harus mengenakan kemeja menyolok dan rok rumput, dalam kelompok foto tradisional yang menampilkan berpakaian setempat.

Pertunjukan besar tahunan telah memperlihatkan para pemimpin dalam berbagai kostum, dari jaket kulit pembom di Seattle pada 1993 hingga jubah sutra sepanjang betis di Hanoi pada 2006, dan poncho orang Peru di Lima.

Juru bicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan dalam pernyataannya, bahwa KTT APEC akan berlangsung di Honolulu pada 12 dan 13 November 2011.

Presiden "berharap untuk menyambut sesama para pemimpin ekonomi APEC ke negara bagian di mana dia dilahirkan dan akan menampilkan warisan kekayaan budaya Hawaii dan perhotelan," kata Gibbs.

"Amerika Serikat adalah sebuah negara Pasifik yang ekonominya berikatan dengan kawasan Asia-Pasifik yang kuat, tahan lama, dan penting untuk kesejahteraan rakyat Amerika."

Gibbs mengatakan Amerika Serikat akan menggunakan kepemimpinan atas APEC untuk menyoroti "potensi besar" wilayah Asia-Pasifik untuk perusahaan-perusahaan AS dan pekerja, dan untuk membantu membentuk keamanan kawasan dan ekonomi masa depan.

Tahun ini KTT APEC akan diselenggarakan di kota pelabuhan Yokohama Jepang, sebuah pertemuan dimana Obama diharapkan untuk hadir.

Pada 2012, Rusia akan menjadi tuan rumah pertemuan di kota Timur Jauh dari Vladivostok. (A026/K004)