Xanana Gusmao puji Indonesia

Dili (ANTARA News) - Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao memuji pemerintah dan rakyat Indonesia karena telah memberikan dukungan dan mau menjalin kerjasama dengan Timor Leste.

"Saya sampaikan selamat datang dan terima kasih atas dukungan yang diberikan pada kami," kata Xanana Gusmao dalam pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Palacio de Governor, Dili, Timor Leste, Sabtu.

Kedua negara sepakat menjalin kerja sama di berbagai bidang, antara lain pendidikan, diplomatik dan ekonomi, pelintas batas dan juga perdagangan di perbatasan.

Xanana mengatakan di bidang pendidikan, ada 7.000 mahasiswa Timor Leste yang menempuh pendidikan di Indonesia. Hal itu menunjukkan hubungan yang erat antara kedua negara.

"Kami memliki hubungan di berbagai sektor. Hari ini kita perkuat kerja sama bidang pariwisata, kepemudaan, ekonomi, ijin lintas perbatasan, dan juga bidang lain," kata Xanana Gusmao.

3 agenda

Sementara itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, ada tiga agenda kunjungan ke Timor Leste, yaitu menghadiri acara peringatan kemerdekaan, menghadiri pelantikan presiden dan meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara.

"Kami terus meningkatkan berbagai kerja sama politik diplomatik, ekonomi, dan sosial budaya. Kami juga tindak lanjuti apa yang direkomendasikan komisi persahabatan untuk menyelesaiakan masa lalu," katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta rombongan tiba di Timor Leste pada Sabtu pagi sekitar pukul 10.00 waktu Dili atau pukul 08.00 WIB waktu Jakarta.

Setelah tiba di Bandara Udara Nicolau Lobato, Yudhoyono langsung menuju Kantor Presiden Timor Leste untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta di Palacio Presidential Nicolau Lobato.

Setelah melakukan pertemuan bilateral, Presiden Yudhoyono dan Presiden Ramos Horta menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama kedua negara di sejumlah sektor, antara lain kepemudaan.

Presiden menerima penghargaan dari pemerintah Timor Leste yang disampaikan oleh Presiden Ramos Horta, kemudian melakukan pertemuan dengan PM Timor Leste Xanana Gusmao.

Pada sore hari, Kepala Negara dijadwalkan mengunjungi Taman Makam Seroja dan Santa Cruz. Kemudian, menjelang dini hari Minggu (20/5), Yudhoyono menghadiri pelantikan Presiden Timor Leste yang baru.

Pada Minggu pagi, Kepala Negara dan Ani Yudhoyono akan menghadiri peringatan kemeredekaan Timor Leste.
(P008)