Greenpeace dan pemerintah berkomitmen saling dukung

Jakarta (ANTARA News) - Organisasi lingkungan global Greenpeace dan pemerintah berkomitmen untuk saling mendukung guna menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

"Greenpeace dan pemerintah mempunyai visi yang sama untuk menjaga lingkungan. Presiden bersedia bekerjasama dengan Greenpeace, begitu juga sebaliknya. Saling mendukung," kata Direktur Eksekutif Greenpeace International Kumi Naidoo tentang pertemuannya dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Naidoo, yang bertemu Presiden di Kantor Presiden Jakarta, Kamis, Greenpeace mendukung komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen sekaligus mempercepat pertumbuhan ekonomi hingga tujuh persen tiap tahun.

Organisasinya, kata Naidoo, akan bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mencapai tujuan yang sama yakni menurunkan angka kemiskinan dan melindungi lingkungan.

Presiden, menurut dia, juga menyatakan membutuhkan peran Greenpeace untuk ikut memantau agar industri Indonesia berjalan baik dan tidak merusak lingkungan.

"Intinya Presiden menyatakan jaminannya untuk melestarikan lingkungan Indonesia dan Greenpeace akan terus memantau," tambah pria asal Afrika itu.

"Presiden mengerti apa yang kami kerjakan dan tahu kami tidak anti pemerintah, kami mendukung program pemerintah," kata Kepala Greenpeace Indonesia Nur Hidayati.

Kepala Kampanye Global untuk Hutan Indonesia, Bustar Maitar, menambahkan, "kami mendukung tetapi salah satunya dengan cara mengkritik."
(M047)