Putra Perjuangan, tim terbaik Tour de Singkarak

Padang (ANTARA News) - Tim Putra Perjuangan Bandung, Jawa Barat, sukses menjadi tim terbaik gelaran kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2012 yang berakhir di Padang, Minggu.

Dadi Suryadi dan kawan-kawan ini mampu mengungguli tim-tim kuat, seperti Azad University Team dari Iran, Aisan Racing Team (Jepang), Genesys Wealth Advisers (Australia) maupun Australian National Team.

Berdasarkan catatan waktu, tim asal Bandung itu mampu mengumpulkan waktu 64.24.52 disusul Australian National Team dengan 64.25.21 dan Azad University Team dengan 64.26.19.

Untuk mencapai hasil ini, maka Putra Perjuangan memerlukan kerja keras sejak etape pertama di Sawahlunto, Senin (4/6). Tim itu konsisten menempatkan tiga pebalapnya dibarisan terdepan saat menyentuh garis finis di setiap etape yang harus dijalani.

Hasil yang diraih oleh Tim Putra Perjuangan Bandung dapat dikatakan sebagai pengobat dahaga karena semua kategori yang dilombakan di Tour de Singkarak 2012 dikuasai oleh pebalap asing.

Gelar untuk pebalap terbaik umum direbut oleh Pujol Munoz Oscar dari Azad University Team Iran. Pebalap asal Spanyol ini juga merebut predikat pebalap tercepat (green jersey) dan predikat raja tanjakan (polkadot jersey).

Putra Perjuangan selain mampu menjadi yang terbaik tim juga menempatkan tiga pebalapnya sebagai pebalap terbaik nasional atas nama Dadi Suryadi diposisi pertama, Tonton Susanto diposisi dua dan Chelly Aristya di posisi tiga.

"Hasil ini adalah prestasi terbaik kami di tahun 2012 ini. Untuk meraih hasil ini butuh kerja keras semua pebalap," kata pelatih Putra Perjuangan Bandung, Roby Dwi Yanuar, usai menyaksikan penyematan hadiah bagi timnya.

Tour de Singkarak 2012 menempuh jarak 854 km yang terbagi atas tujuh etape. Kejuaraan balap sepeda yang sudah keempat kalinya ini melewati 14 kota dan kabupaten di Sumatra Barat. Selain balapan, kejuaraan ini juga berfungsi mengenalkan pariwisata dari Sumatra Barat.
(T.B016/A011)