Militer Turki sita 100 kg bom di provinsi tenggara

Ankara (ANTARA News) - Pasukan keamanan Turki menemukan sebuah bom rakitan seberat 100 kilogram di Kabupaten Lice di Provinsi tenggara Hakkari, Senin, kata surat kabar lokal Zaman dalam laporan di situs resminya.

Bertindak sesuai informasi, pasukan keamanan akhirnya menemukan bom, yang terbuat dari amonium nitrat dan ditempatkan di dalam dua tabung gas. Bom tersebut berhasil dijinakkan di tempat kejadian, kata laporan itu. Demikian diberitakan Xinhua yang dipantau oleh ANTARA News dari laman OANA, di Jakarta, Selasa.

Kecurigaan tertuju kepada Partai Pekerja Kurdi (PKK) terlarang sebagai pihak yang bertanggung jawab atas pembuatan bom itu, dan kepolisian setempat sudah mulai melakukan penyelidikan.

Dalam operasi terpisah di Provinsi Hakkari Senin pagi, pasukan Turki menewaskan tiga anggota PKK dalam bentrokan di kota Cukurca, yang terletak di dekat perbatasan Irak, Iran dan Turki.

PKK, yang didaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa, mulai mengangkat senjata pada tahun 1984 dalam upaya menciptakan tanah air etnik di Turki tenggara.

Sejak itu, lebih dari 40.000 orang tewas dalam konflik yang melibatkan antar-kelompok.

(A035)