Rusia memimpin 1-0 atas Polandia

Jakarta (ANTARA News) - Rusia sementara memimpin 1-0 atas Polandia setelah sundulan Alan Dzagoev di menit 37 berhasil merobek gawang Przemyslaw Tytoń pada laga Grup A Piala Eropa 2012 di National Stadium, Warsawa, Rabu dini hari WIB.

Gol bermula dari pelanggaran bek Polandia Wasilewski yang melanggar Zhirkov. Kemudian wasit menghadiahi tendangan bebas bagi Rusia dari sisi kanan pertahanan Polandia.  Andrei Arshavin berhasil melepaskan tendangan akurat tepat di kepala Dzagoev, yang membuat Rusia sementara memimpin. 

Pelatih Rusia, Dirk Advocaat menggunakan formasi 4-3-3, dengan tumpuan serangan masih pada tiga penyerang mereka, Andrey Arshavin, Aleksandr Kerzhakov, dan Alan Dzagoev. Sebuah formasi yang sama ketika Rusia berhasil mengalahkan Republik Ceko 4-1.

Sementara itu pelatih Polandia Franciszek Smuda masih mengandalkan Robert Lewandowski sebagai ujung tombak serangan mereka. Formasi yang digunakan Polandia juga masih sama seperti pertandingan sebelumnya, yaitu 4-2-3-1. 

Smuda melakukan sedikit perubahan pada susunan pemainnya. Selain mengganti kiper Wojciech Szczesny dengan Przemyslaw Tyton, karena larangan bertanding, pelatih berusia 63 tahun itu memasang Dariuzs Dudka menggantikan Maciej Rybus di lini tengah.

Polandia terlihat lebih menekan Rusia di babak pertama, namun sampai babak pertama berakhir, hanya peluang yang berhasil mereka ciptakan.

Tendangan bebas dari Ludovic Obraniak dari sisi kiri pertahanan Rusia di menit 6 hampir saja membuat Polandia unggul. Beruntung bagi Rusia, penyelamatan dari kiper Vyacheslav Malafeev berhasil menggagalkannya.

Di menit 10, tendangan voli Lewandowski dari luar kotak penalti, juga hampir merobek gawang Rusia. Sayang, masih melambung terlalu tinggi di atas mistar gawang.

Polandia bahkan sempat hampir unggul di menit 18 ketika Eugen Polanski berhasil menyarangkan bola di gawang Rusia. Namun, wasit berkata lain, Polanski dianggap dalam posisi offside. 

Sepanjang pertandingan, Polandia dibantu oleh dukungan publik tuan rumah yang tak henti-hentinya meneriakkan yel penyemangat. Sebaliknya, ketika bola berada di kaki pemain Rusia, para pendukung Polandia serentak menyoraki lawannya itu.

(lod)