Polandia tahan imbang Rusia 1-1

Jakarta (ANTARA News) - Polandia berhasil menahan imbang Rusia 1-1, pada laga Grup A Piala Eropa 2012 di National Stadium, Warsawa, Rabu dini hari.

Gol Rusia dicetak Alan Dzagoev pada babak pertama, menit 37. Pelanggaran bek Polandia Wasilewski yang melanggar Zhirkov kemudian dihadiahi tendangan bebas oleh wasit. 

Dari sisi kanan pertahanan Polandia, Andrei Arshavin berhasil melepaskan tendangan akurat tepat di kepala Dzagoev yang membuat Rusia sementara memimpin 1-0. 

Polandia membalas lewat Jakub Blaszczykowski pada menit 55.

Berawal dari serangan di sisi kiri pertahanan Rusia, Kapten Polandia itu berhasil melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya yang tidak bisa dijangkau kiper Vyacheslav Malafeev.

Setelah Polandia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Rusia terlihat mulai lepas menyerang, dengan begitu pertandingan terlihat lebih hidup.

Baik Polandia dan Rusia, sama-sama melakukan jual-beli serangan. Namun serangan anak-anak asuh Franciszek Smuda tetap terlihat lebih gencar. 

Lewandonwski, Obraniak, dan Mierzejewski kerap melakukan tendangan ke arah gawang Rusia. Sayangnya masih belum ada yang berbuah gol.

Untuk menambah amunisi serangan, di menit 70, pelatih Rusia, Dirk Advocaat memasukkan penyerang Roman Pavlyuchenko.

Pemain Lokomotiv Moskwa itu bertugas menggantikan Alexander Kerzhakov yang terlihat tidak berkembang di lapangan. Hanya saja hasilnya tidak cukup memuaskan, dan tidak merubah keadaan.

Pencetak gol bagi Rusia, Dzagoev juga diganti dengan Izmailov pada menit ke 79.

Sementara di kubu Polandia, Smuda mengganti dua pemain tengah mereka. Di menit 74, Dudka digantikan Mierzejewski dan di menit 84 Matuszczyk masuk menggantikan Polanski.

Secara keseluruhan pertandingan berlangsung ketat dan keras, dengan 27 kali pelanggaran. Wasit Wolfgang Stark juga mengeluarkan empat kartu kuning dari kantongnya.  

Sebenarnya, Rusia berhasil memimpin dengan 60 persen penguasaan bola, sayang mereka tidak bisa memanfaatkannya kelebihan itu.

Pertandingan di babak kedua menjadi sangat seru dengan kedua tim saling menyerang dan menampilkan permainan sangat atraktif.

Dari statistik Rusia lebih dominan terlihat dari lama penguasaan bola yang mencapai 60 persen, sedangkan tuan rumah Polandia hanya 40 persen.

Namun kendati kalah statistik penguasaan bola, Polandia ternyata lebih banyak berupaya menciptakan gol dengan 15 kali upaya, sedagkan Rusia hanya 11 kali.

Dari 15 kali upaya itu enam diantaranya menyasar tepat ke arah gawang Rusia dan satu diantaranya berujung gol.

Kedua tim juga berbagi sama dua kartu kuning, masing-masing Eugen Polanski dan Robert Lewandoski dari Polandia, dan Igor Denisov serta Alan Dzagoev untuk Rusia.

"Hasil seri yang pantas untuk tuan rumah Polandia yang menciptakan peluang lebih banyak. Rusia melangkah satu poin untuk mencapai babak berikutnya," tulis ESPN.com

 (lod)