Letusan terbesar dunia pernah terjadi di Indonesia

Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah ilmuwan dunia memastikan erupsi gunung berapi di Indonesia pada abad ke-13 merupakan erupsi terbesar di dunia.

Vulkanolog dari Panthéon-Sorbonne University's Laboratory of Physical Geography, Perancis, Frank Lavigne menunjukkan dan foto-foto terkait erupsi gunung berapi sekitar 1.258 dalam konferensi American Geophysical Union, Kamis.

"Kami mempunyai bukti baru dan kuat tentang erupsi gunung berapi terbesar dalam tujuh ribu tahun terakhir," kata Lavigne.

Dalam separuh waktu konferensi itu, gambar peta geografi Indonesia diperlihatkan, tapi Lavigne menolak menyebut nama gunung berapi itu.

Lavigne mengatakan hanya Indonesia yang mempunyai lebih dari 130 gunung berapi aktif dan erupsi pada abad ke-13 telah menyebarkan partikel sulfur dingin ke seluruh dunia.

Para peneliti menyebut erupsi terbesar terjadi pada pertengahan abad ke-13 karena inti es di Greenland dan Antartika terkait waktu itu mengandung sulfur dalam jumlah besar.

Sejumlah gunung berapi di dunia sempat menjadi kandidat gunung dengan erupsi terbesar sedunia, antara lain Gunung El Chichon di Meksiko dan Gunung Quilotoa di Pegunungan Andes wilayah Ekuador. 

(I026)