Andy Caroll bawa Inggris unggul 1-0

Jakarta (ANTARA News) - Sundulan penyerang Liverpool, Andy Caroll membuat Inggris unggul sementara atas Swedia 1-0 pada laga grup D Piala Eropa 2012 di Kiev Olympic Stadium, Kiev, Ukraina, Sabtu dini hari.

Gol bermula dari umpan lambung kapten Steven Gerrard dari sisi kiri pertahanan Swedia yang kemudian langsung disambut sundulan manis nan kencang Caroll yang mengarah ke tiang jauh sebelah kanan kiper Andreas Isaksson. 

Pada awal pertandingan, kedua tim terlihat saling bertukar serangan. Inggris melakukan pola serangan yang mengandalkan sayap kanan mereka, James Milner. Sedangkan Swedia, masih mengandalkan Zlatan Ibrahimovic.

Menit berikutya Gelandang Inggris Scott Parker melakukan tendangan keras ke gawang Ukraina, namun masih bisa digagalkan Andreas Isaksson.

Ibrahimovic juga membuat peluang di menit 18 saat melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Sayang, masih terlalu lemah sehingga mudah untuk ditangkap oleh Joe Hart.

Kubu Inggris melakukan sedikit perbedaan  dengan pertandingan sebelumnya yang hanya menempatkan Danny Welbeck sendirian di depan.

Kini pelatih Inggris Roy Hodgson memakai dua orang penyerang dengan mempercayakan kepada Andy Caroll sebagai partner Welbeck.

Sementara itu, gelandang lincah Manchester United, Ashley Young digeser ke sisi lapangan untuk bermain sebagai sayap kiri.

Di kubu Swedia, Pelatih Erik Hamren masih menggunakan satu orang striker. Namun pilihannya berganti dari Markus Rosenberg menjadi Johan Elmander.

Dengan begitu, Elmander menjadi pilihan utama yang berdiri di depan  Zlatan Ibrahimovic. (lod)