Inggris menang 3-2 atas Swedia

Jakarta (ANTARA News) - Inggris berhasil memperoleh tiga angka, setelah memenangi laga melawan Swedia 3-2, pada Grup D Piala Eropa 2012 di Kiev, Ukraina, Sabtu dini hari ini.

Gol kemenangan Inggris dicetak Danny Welbeck pada menit 78.

Bermula dari akselerasi cepat pemain pengganti Theo Walcott ke sisi kiri gawang Swedia. Kemudian pemain Arsenal itu melepaskan umpan matang ke tengah gawang dan langsung dimanfaatkan oleh Welbeck.

Sebelumnya, pertandingan berlangsung sangat sengit dengan kerjar mengejar gol.

Inggris berhasil unggul lebih dulu di babak pertama lewat sundulan Andy Caroll di menit 23. Setelah nampaknya Inggris akan terus mempertahankan kedudukan, ternyata Swedia mengamuk di babak kedua.

Dua gol dari pemain bertahan Swedia, Olof Melberg menjadikan anak-anak asuh Erik Hamren sempat memimpin 2-1 di awal babak kedua. Melberg mencetak kedua gol pada menit 49 dan 59.

Namun, setelah masuknya Theo Walcott menggantikan James Milner di menit 61, Inggris kembali bergairah.

Terutama setelah Walcott mencetak gol yang membuat kedudukan seimbang menjadi 2-2.

Gol Walcott ini tercipta lewat tendangannya dari luar kotak penalti, hanya tiga menit setelah dia menginjak rumput lapangan Olympic Stadium, Kyev, Ukraina.

"Theo Walcott menciptakan perbedaan besar ketika dia masuk (lapangan), menciptakan gol dan mendesains gol Welbeck," tulis ESPN.com.

Di susunan pemain awal, Inggris melakukan sedikit perbedaan  dengan pertandingan sebelumnya yang hanya menempatkan Danny Welbeck sendirian di depan. 

Kini pelatih Inggris Roy Hodgson memakai dua orang penyerang dengan mempercayakan kepada Andy Caroll sebagai partner Welbeck.

Sementara itu, gelandang lincah Manchester United, Ashley Young digeser ke sisi lapangan untuk bermain sebagai sayap kiri.

Di kubu Swedia, Pelatih Erik Hamren masih menggunakan satu orang striker. Namun pilihannya berganti dari Markus Rosenberg menjadi Johan Elmander. 

Dengan begitu, Elmander menjadi pilihan utama yang berdiri di depan  Zlatan Ibrahimovic. 

Secara keseluruhan, Inggris terlihat lebih mendominasi pertandingan dengan 52 persen penguasaan bola. Inggris juga memimpin jumlah tendangan ke arah gawang dengan 15 kali tembakan.

Inggris, sebut ESPN, pantas menang karena daya tahan dan determinasinya. Namun, dari segi kualitas tidak banyak terpamerkan, lapor ESPN.

Sebaliknya Swedia, tulis ESPN, memiliki keterbatasan pilihan dengan tergantung pada seorang bintang, dan sang bintang yaitu Ibrahimovic tidak bisa mencegah timnya dari kekalahan.

Sementara Inggris dipenuhi oleh para bintang, diantaranya kiper Joe Hart yang dengan cemerlang berulangkali memblok dan menghapus banyak peluang gol yang dibuat Swedia.


(lod)