YLKI sarankan BLU Transjakarta jadi BUMD

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Sudaryatmo di Jakarta, Rabu, menyarankan bentuk perusahaan Transjakarta diubah dari badan layanan umum menjadi badan usaha milik daerah (BUMD).

Perubahaan bentuk perusahaan tersebut akan menjadi faktor kunci kunci meningkatkan kualitas pelayanan yang selama ini tidak flesibel sebab operasionalisasinya masih di bawah naungan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dinilai tidak fleksibel.

"Masih sangat terikat birokrasi," kata Sudaryatmo dalam diskusi "Mendesak Transformasi Pengelolaan Transjakarta."

Saat ini ada rancangan peraturan daerah tentang pengelolaan sistem "bus rapid transit" (BRT) dan pengelolanya BUMD.

"Jika sesuai rencana, peraturan daerah direalisasikan pada 2013. Padahal pada akhir 2011, Gubernur DKI Fauzi sempat menyatakan Transjakarta bakal berubah menjadi BUMD pada 2012," ujarnya.

Sudaryatmo menilai, Pemprov DKI tidak serius mendukung perubahan dalam BLU Transjakarta. "Belum ada keberpihakan. Saat YLKI mengundang membicarakan masalah ini Senin lalu pun tak ada perwakilan Pemprov yang hadir," tegasnya.

Ia memaparkan beberapa keluhan yang paling sering disampaikan masyarakat diantaranya waktu tunggu bus yang lama, waktu tempuh antar halte, sistem informasi, keselamatan, kenyamanan dan kebersihan.

"Tapi kesemua ini hanya masalah yang muncul di permukaan. Sumber masalah utama adalah bentuk organisasi Transjakarta," paparnya.

(ANT-306/A013)